Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 21:29 WIB | Minggu, 05 Januari 2014

Legenda Sepakbola Eusebio Meninggal Dunia

Cristiano Ronaldo dan Eusebio - foto yang diposting di akun Twitter Ronaldo hari Minggu (5/1). (Foto: dari bbc.co.uk)

PORTUGAL, SATUHARAPAN.COM - Legenda sepak bola Portugal Eusebio, pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1966, meninggal pada usia 71 karena serangan jantung.

Lahir di Mozambik pada 1942 ketika itu masih jajahan Portugis, Eusebio da Silva Ferreira ke Portugal untuk bermain sebanyak 64 kali di timnas Portugal, mencetak 41 gol.

Striker Benfica ini membuat sembilan gol di Piala Dunia 1966 di Inggris termasuk empat gol ke gawang Korea Utara.

Secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa, ia mencetak  gol 733 kali dalam 745 pertandingan profesional.

Eusebio telah dirawat di rumah sakit beberapa kali selama tahun lalu untuk pengobatan jantung dan masalah pernafasan.

Dia terkenal karena memiliki percepatan dan kemampuan dribbling yang memukau, Eusebio terpilih sebagai Pemain Terbaik Eropa pada tahun 1965.

Ia memenangkan Piala Eropa dengan Benfica pada tahun 1962 dan kalah di final dari Manchester United di Wembley akhir tahun 1968.

Eusebio mengumpulkan 10 kali juara juara liga Portugal dan lima kemenangan Piala Portugal dalam 15 tahun di klub dan pencetak gol terbanyak Liga Portugal tujuh kali.

Kapten Portugal saat ini Cristiano Ronaldo datang bersama yang lain memberi penghormatan terakhir.

"Selalu abadi, Eusebio, beristirahat dalam damai," Real Madrid dan mantan striker Manchester United menulis di Twitter bersama gambar dia bersama Eusebio.

Mantan pemain sayap Portugal Luis Figo mengatakan di Twitter: “Sang Raja! kerugian besar bagi kita semua! yang terbesar!"

Manajer Chelsea Jose Mourinho memanggilnya sebagai salah satu "tokoh besar" di negaranya.

" Saya pikir dia adalah abadi. Kita semua tahu apa yang dia tuju adalah untuk sepak bola dan terutama untuk sepak bola Portugal . .,” kata Mourinho kepada negara penyiar RTP.

"Dia bukan hanya inspirasi besar tetapi juga tokoh penting dalam menegakkan nilai-nilai, prinsip-prinsip dan perasaan sepak bola, bahkan setelah dia menyelesaikan karirnya."

Greg Dyke, ketua Asosiasi Sepak bola di Inggris, mengatakan Eusebio dan striker Brazil Pele adalah pemain internasional yang paling terkenal di tahun 1960-an.

"Dia adalah (Lionel) Messi atau Ronaldo di zamannya," kata Dyke pada BBC News Channel.

"Setiap generasi memiliki pemain besar. Dia jelas pemain sepak bola kelas dunia yang mencetak banyak sekali gol. Dia memiliki bakat alam yang sebagian besar pemain tidak memiliki."

Gol Eusebio di Piala Dunia 1966 membantu negaranya menempati juara ketiga, setelah dikalahkan -oleh yang akhirnya menjadi juara- Inggris di semifinal.

Eusebio telah merebut hati publik Inggris dan sosoknya ditambahkan di koleksi patung lilin Madame Tussauds .

Eusebio terus bermain di tingkat tertinggi sampai tahun 1974, tetapi masalah lutut mulai menghambatnya.

Setelah karirnya bolanya berhenti, ia lalu menjadi duta Benfica dan sepak bola Portugal. (BBC)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home