Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 08:14 WIB | Senin, 27 Februari 2017

Legislator: Kunjungan Raja Salman Sangat Strategis

Raja Salman (kiri) bersama Pangeran Mohammed bin Nayef. (Foto: Dok.satuharapan.com/ SPA)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pareira mengatakan, kunjungan Raja Salman bin Abdul Aziz Al Saud ke Indoesia merupakan kunjungan yang strategis.

“Kunjungan ini adalah kunjungan yang strategis ditengah perubahan yang tengah melanda dunia, sekaligus akan tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan seorang kepala negara dengan delegasi terbesar yang pernah berkunjung keindonesia,” kata Andreas dalam pesan singkat yang diterima wartawan di Jakarta, hari Minggu (26/2).

Politisi PDI Perjuangan ini menilai kunjungan strategis ini juga mempunyai arti multi dimensi.

Pertama, kata Andreas dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah 10 menteri dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerjasama ekonomi dan investasi.

“Rencana investasi puluhan miliar US dollar kiranya akan mempererat hubungan kerjasama ekonomi kedua negara,” kata dia.

Kedua kata Andreas dari aspek politik kunjungan ini mempunyai nilai strategis mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timur Tengah (Timteng), sebagaimana halnya Indonesia di Asia Tenggara. Kerjasama dan peningkatan hubungan bilateral antar kedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan.

Ketiga lanjut Andreas dari aspek agama dan  budaya, kerjasama yang erat antar kedua negara akan meningkatkan kualitas kehidupan agama  dan peradaban muslim didunia, mengingat Arab Saudi sebagai pusat peradaban muslim dunia dan Indonesia sebagai negara demokrasi Pancasila dengan populasi muslim terbesar di dunia.

“Membangun kerjasama di bidang agama dan kebudayaan diharapkan tentu akan menghasilkan pemahaman yang sama antar kedua negara yang tentunya akan menjadi barometer bagi perdamaian dunia, khususnya masyarakat muslim dunia,” kata dia.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home