Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:00 WIB | Jumat, 13 Desember 2013

Liga Eropa: Chornomorets Odessa Akhiri Kiprah PSV

Gelandang PSV, Oscar Hjelmark (kaos merah) dikawal ketat Kiril Kovalchuk (nomor 8), dan Pablo Fontanello. (kaos hitam biru, kiri) (foto: picsunited.com)

EINDHOVEN, SATUHARAPAN.COM – Chornomorets Odessa (Ukraina) yang berhasil masuk dari babak kualifikasi Liga Eropa berhasil melangkah 32 besar setelah menyingkirkan salah satu tim favorit PSV Eindhoven (Belanda), pada pertandingan terakhir Grup B Liga Eropa di Stadion Phillips, Eindhoven pada Jumat (13/12) dini hari WIB.

Chornomorets mengalahkan tuan rumah PSV Eindhoven 1-0, dengan kekalahan ini berarti PSV Eindhoven (Belanda) yang musim 2013-2014 ini masuk Liga Eropa karena kalah di playoff Liga Champions, terpaksa harus berhenti di babak grup Liga Eropa.

Gelandang Chornomorets Franck Djadjedje mencetak satu-satunya gol bagi Chornomorets, gol tersebut tercipta pada menit ke-59 melalui sundulan kepalanya, dan tidak dapat dijangkau penjaga gawang PSV, Jeroen Zoet.

Hasil ini menempatkan Chornomorets di posisi kedua klasemen Grup B dengan 10 poin. Klub Ukraina itu pun lolos menemani Ludogorets Razgrad (Bulgaria). Chornomorets meraih 10 poin dari hasil enam kali main, tiga kali menang, sekali imbang dan dua kali kalah.

Kenaikan performa permainan ditunjukkan Chornomorets pada dua pertandingan sebelum melawan PSV, pada pertandingan sebelumnya Chornomorets unggul atas Dinamo Zagreb (Kroasia) 2-1, dan sempat imbang dengan Ludogorets 1-1.

Dalam pertandingan grup yang lain, dan berlangsung bersamaan, tim unggulan yang berhasil melangkah ke babak 32 besar adalah Fiorentina.

Tim dari kota Firenze, Italia tersebut mengakhiri fase Grup E Liga Eropa tanpa sekali pun menelan kekalahan. Fiorentina memastikan diri menjadi juara grup setelah mengalahkan Dnipro Dnipropetrovsk (Ukraina) dengan skor tipis 2-1, di Stadion Artemio Franchi, Firenze, Italia.

Pada pertandingan melawan Dnipro, Fiorentina tertinggal terlebih dahulu 0-1, setelah bola tendangan kaki kanan Yevheniy Konoplyanka pada menit ke-13 merobek gawang Fiorentina yang dikawal Neto.

Fiorentina berterima kasih kepada Joaquin yang menyamakan kedudukan pada menit ke-42, setelah sebelumnya Joaquin menerima bola umpan silang hasil kerja keras gelandang Fiorentina lainnya, Juan Cuadrado yang mengirim bola silang dari sisi kanan permainan Dnipro.

Cuadrado membuktikan menjadi bintang lapangan dini hari tadi setelah berinisiatif menendang bola dari jarak jauh dan berbuah gol pada menit ke-77.

Dengan hasil ini, Fiorentina kokoh di puncak klasemen Grup E dengan meraih 16 poin dari enam pertandingan Grup E. Dnipro menemani Fiorentina ke babak 32 besar setelah mereka finis di posisi kedua dengan 12 poin.

Hasil pertandingan Liga Eropa lainnya: Valencia 1-1 Kuban Krasnodar, FC Saint-Gall 1879 1-0 Swansea City AFC, Dinamo Zagreb 1-2 Ludogorets, PSV 0-1 Chornomorets, FC Salzbourg 3-0 Esbjerg fB, Standard de Liège 1-3 Elfsborg.

SV Zulte-Waregem 0-2 Rubin Kazan, Maribor 2-1 Wigan Athletic FC, Fiorentina 2-1 Dnipro Dnipropetrovsk, Pandurii Târgu Jiu 0-0 Paços de Ferreira, Eintracht Frankfurt 2-0 APOEL Nicosia, Maccabi Tel Aviv 1-0 Bordeaux.  (soccerway.com/ uefa.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home