Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 07:11 WIB | Jumat, 13 Desember 2013

SEA Games 2013: Rahmad Darmawan Tidak Percaya Indonesia Tumbang

SEA Games 2013: Rahmad Darmawan Tidak Percaya Indonesia Tumbang
Para pemain kesebelasan Indonesia seusai pertandingan. (foto-foto: goal.com)
SEA Games 2013: Rahmad Darmawan Tidak Percaya Indonesia Tumbang
Para pemain kesebelasan Thailand seusai pertandingan.

YANGON, SATUHARAPAN.COM – Rahmad Darmawan selaku pelatih kesebelasan Indonesia di bawah usia 23 tahun (U-23) yang berpartisipasi pada cabang olahraga sepak bola SEA Games 2013 mengungkapkan kekecewaan pada Kamis (12/12), di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

Kekecewaan Rahmad Darmawan yang dia ungkapkan seusai pertandingan terkait dengan tumbangnya tim nasional Indonesia atas Thailand di pertandingan Grup B cabang olahraga sepak bola SEA Games dengan skor 1-4.

Rahmad mengakui permainan Thailand jauh lebih baik, dan mampu memanfaatkan kesalahan yang dilakukan pemain belakang asuhannya.

Rahmad mengatakan pada pertandingan tersebut serangan-serangan yang dibangun Thailand sangat terencana, terstruktur dan terpola sehingga Diego Michels dan kawan-kawan tidak berdaya. Sebaliknya, serangan yang dilancarkan Indonesia pun dengan mudah dipatahkan tembok belakang Thailand.

“Hasil ini sungguh buruk bagi saya, Kami tahu Thailand sangat kuat, dan tim yang terorganisir. Tapi seharusnya hasil akhir tidak seburuk itu,” kata Rahmad.

Rahmad mengatakan seluruh pemain Thailand pintar memanfaatkan posisi, dan sama-sama bergerak maju ketika serangan berbuah gol, dan mereka tahu bagaimana cara bertahan dengan baik.

“Permainan mereka sangat teroganisir di semua posisi, dan sulit bagi kami untuk mencetak gol. Di sisi lain, mereka bisa mengambil kesempatan dari kesalahan kecil kami,” tambah mantan pelatih Sriwijaya (Palembang) dan Persipura Jayapura tersebut.

Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand 4-1 pada lanjutan cabang sepakbola Grup B SEA Games 2013 di Yangon, Myanmar, Kamis (12/12) sore waktu setempat.

Pada pertandingan tersebut Thailand unggul pada saat pertandingan memasuki menit kedua, lewat gol dari bola tendangan jarak jauh yang dilepaskan gelandang sayap kiri Thailand, Pokklaw Anan.

Thailand kembali menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah Adisak Kraisorn mencetak gol pada menit ke-20.  Menjelang  babak pertama usai, Indonesia masih dinaungi keberuntungan  setelah Thailand gagal memanfaatkan beberapa peluang emas, sehingga Thailand memimpin dengan skor 2-0 di babak pertama.

Thailand menambah gol ketiga pada babak kedua, atau tepatnya menit ke-51 lewat Bon Young  yang sukses mengeksekusi penalti. Hukuman penalti diberikan bagi Thailand, setelah bek Indonesia, Andri Ibo melanggar Pokklaw Anan.

Anak asuh Rahmad Darmawan makin keteteran dan tidak berdaya menghadapi gempuran Thailand, dan hal ini terlihat pada menit ke-81 saat salah satu gelandang Thailand, Thitiphan Puangjan menjebol gawang Indonesia di bawah pengawalan Kurnia Meiga.

Andri Ibo yang mendapati hari yang kurang baik di lapangan, justru menutup laga dengan gol hiburan bagi Indonesia, yang dia cetak menit ke-90.

Peluit panjang pun berbunyi, dengan hasil kalah 4-1 dari Thailand, Rahmad Darmawan membawa beban di pundaknya, jalan Indonesia akan sulit untuk lolos dari Grup B.

Susunan pemain:

Indonesia: Kurnia Meiga; Alfin Tuasalamony, Andri Ibo, Manahati Lestusen, Diego Robbie Michiels; Egi Melgiansyah, Dedi Kusnandar; Andik Vermansah, Yohanes Ferinando Pahabol, Bayu Gatra Sanggiawan; Fandi Eko Utomo.

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Praweenwat Boon Yong, Sakolwach Sakolla, Atit Daosawang; Pakorn Parmpak, Pokklaw A Nan, Thitiphan Puangjan, Charyl Yannic Chappuys, Kroekrit Thawikan; Adisak Kraisorn. (pssi.or.id/ mmseagames2013.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home