Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 12:21 WIB | Senin, 03 April 2023

Lima Hal Sebelum Pilih Sabun Cuci Piring Refill

Ilustrasi Pexels

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Banyak keluarga yang bingung ketika berbelanja kebutuhan setiap bulan. Pasalnya harga barang-barang termasuk sabun cuci piring terus bertambah.

Sebagai solusi tidak sedikit yang memilih sabun cuci piring hemat refill. Karena dikemas dengan sederhana, harganya jauh lebih murah dibanding kemasan botol.

Produsen sabun cuci piring ternama juga banyak yang menyediakan produk dalam bentuk kemasan refill untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Dengan demikian meski mengeluarkan uang yang jumlahnya lebih sedikit, namun tetap bisa mendapatkan produk berkualitas. Pengeluaran keluarga pun bisa tetap terkontrol tanpa harus menurunkan standar produk yang digunakan sehari-hari.

Lima Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memilih Sabun Cuci Piring Hemat Refill

Ibu rumah tangga yang harus mengelola keuangan keluarga seringkali dibuat bingung bagaimana mengatur pendapatan agar mencukupi untuk membeli semua kebutuhan.

Ada yang akhirnya memutuskan untuk tidak lagi membeli beberapa produk yang sebelumnya digunakan. Selain itu ada yang menggantinya dengan produk berkualitas lebih rendah.

Bagi yang ingin tetap menggunakan produk pencuci piring yang sama namun harganya lebih murah bisa memilih sabun cuci piring hemat refill.

Dengan demikian ibu rumah tangga tetap bisa memenuhi semua kebutuhan keluarga yang harganya terus melambung. Karena semakin banyak produsen yang menyediakannya, kualitasnya pun berbeda-beda. Sebelum membeli bisa mempertimbangkan hal berikut ini:

1. Harga hemat

Banyaknya ibu rumah tangga yang memilih sabun cuci piring dalam kemasan refill karena harganya jauh lebih murah dibanding kemasan botol.

Namun sebelum memilih, ada baiknya mempertimbangkan dengan harga kemasan reguler merek lain yang mempunyai kualitas sama. Jangan sampai niat berhemat tidak tercapai karena ternyata banyak merek lain yang lebih murah.

Ada juga produsen yang menjual pencuci piring kemasan refill dengan harga sama dari kemasan botol.

Jika demikian, pembeli tidak akan jadi berhemat karena uang yang yang dikeluarkan sama saja. Karena itu membandingkan dan mempertimbangkan harganya sebelum memutuskan untuk membeli sabun pencuci piring sangat penting.

2. Food grade

Bahan untuk membuat sabun pencuci piring, baik dalam kemasan reguler maupun refill sangat beragam.

Pastikan Anda memilih produk yang terbuat dari bahan food grade. Food grade artinya bahan yang aman untuk makanan karena tidak meninggalkan residu atau sisa yang berbahaya bagi kesehatan.

Standar untuk produk yang digunakan mencuci bahan dan peralatan makanan seharusnya food grade. Namun di pasaran masih banyak ditemukan produk yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut.

Kehati-hatian konsumen dalam memilih produk sangat penting karena jika mengandung bahan berbahaya bisa mengganggu kesehatan.

Jika memilih produk dalam kemasan refill, bukan hanya banyak pembersih piring saja yang harus dipastikan aman, tetapi juga kemasannya.

Jangan sampai membeli produk yang standar pembuatan dan bahannya sesuai dengan ketentuan kesehatan, namun dikemas dengan bahan berbahaya.

Di samping itu, pastikan berapa lama produk bisa digunakan. Meski pencuci piring refill bukan produk makanan yang mempunyai tanggal kadaluarsa, namun jika disimpan terlalu lama atau cara penyimpanannya tidak benar bisa menjadi rusak dan berbahaya bagi kesehatan.

3. Daya bersih

Tidak menutup kemungkinan karena menjual produk dalam kemasan refill yang harganya terjangkau, produsen menurunkan kualitasnya. Karena itu jangan sampai asal membeli.

Pastikan hanya menggunakan produk refill dari produsen terpercaya yang selalu menjaga kualitasnya.

Sebagai bahan pencuci, daya bersih atau kemampuan dalam menghilangkan kotoran sangat penting. Sebaiknya hanya menggunakan produk yang sudah teruji dan terbukti mampu membersihkan semua kotoran dan bau secara sempurna.

Bahan pembersih bisa berasal dari zat kimia maupun bahan alami. Agar terhindar dari residu dan bahaya zat kimia, sebaiknya memilih produk yang terbuat dari bahan alami namun mempunyai daya bersih maksimal seperti aloe vera, lemon, jeruk nipis dan lainya.

4. Ukuran kemasan

Produsen sabun pencuci piring refill menyediakan produknya dalam berbagai kemasan.

Untuk menghemat, Anda bisa membeli produk dalam ukuran kecil sesuai kebutuhan. Apabila membeli dalam ukuran besar bisa jadi akan mendapat ekstra isi namun harganya lebih mahal.

Selain itu jika tidak hati-hati dalam menyimpannya mudah tumpah sehingga justru membuat rugi.

Ukuran kecil yang hanya cukup untuk beberapa kali pemakaian juga lebih praktis. Anda tidak perlu repot dan bingung untuk menyimpanya karena mudah disatukan dengan alat cuci piring lainnya dan tidak memakan tempat.

5. Diformulasikan khusus untuk peralatan masak

Bahan pencuci yang digunakan untuk bahan dan peralatan masak seharusnya khusus dan aman bagi kesehatan.

Meski sudah beberapa kali membilasnya ketika mencuci piring, namun tidak menutup kemungkinan ada residu atau sisa bahan yang tertinggal. Karena itu pastikan memilih produk pencuci piring refill yang diformulasikan secara khusus.

Untuk bisa memastikan hal ini dapat dengan melihat komposisi bahan yang tertera dalam masing-masing kemasan. Sebaiknya menghindari produk yang terbuat dari bahan kimia karena residunya bisa mengganggu kesehatan. Selain itu penggunaan bahan kimia yang terlalu sering bisa merusak kulit.

Saat ini untuk mendapatkan produk sabun cuci piring kemasan refill yang berkualitas cukup mudah. Jika tidak mau repot, Anda bisa membelinya secara online. Cukup memesan dan melakukan pembayaran via online, seller terpercaya akan segera mengirimkan sesuai alamat.

Toko online di Blibli menyediakan semua kebutuhan keluarga, termasuk sabun cuci piring hemat refill dengan berbagai ukuran dan merek. Selain aman dan cepat, Anda bisa memilih sendiri jasa pengiriman ke alamat tujuan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home