Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 06:24 WIB | Rabu, 06 Juli 2016

LIPI Resmikan Rumah Potong Hewan Modern di Payakumbuh

Rumah potong hewan modern Payakumbuh. (Foto:lipi.go.id)

PAYAKUMBUH, SATUHARAPAN.COM - Mendukung upaya mewujudkan ketahanan pangan nasional, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Iskandar Zulkarnain bersama Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, meresmikan Rumah Potong Hewan (RPH) Modern di Payakumbuh, Sumatra Barat baru-baru ini.

“RPH Modern ini akan memberikan pelayanan publik dalam penyediaan daging yang aman, sehat, utuh, dan halal, atau ASUH,” kata Iskandar, seperti dikutip dari situs lipi.go.id.

Ia, mengatakan, RPH Modern yang dibangun ini bukan hanya sebagai tempat pemotongan hewan, namun juga dilengkapi laboratorium untuk kontrol kualitas dan ruang kelas untuk keperluan pendidikan.

Peran RPH Modern Payakumbuh, kata Iskandar, itu sangat penting dan vital dalam sistem jaminan mutu dan keamanan pangan.

“Oleh karena itu, RPH harus memperhatikan jaminan keamanan dan mutu daging, perlindungan terhadap konsumen, menjaga kesehatan manusia dan lingkungan,” kata Iskandar.

Sebagai informasi, RPH Modern Payakumbuh ini, telah mendapatkan sertifikat halal dari MUI dan Nomor Kontrol Veteriner, sehingga daging yang berpotensi sebagai makanan berbahaya dapat dihindari.

RPH Modern Payakumbuh merupakan RPH berstandar internasional. Keberadaan RPH Modern Payakumbuh ini merupakan merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dan Spanyol dalam proyek Meat-Milk Pro, sejak tahun 2010, yang dilakukan ole Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

“Walaupun sempat mengalami keterlambatan, kita patut bersyukur RPH Modern ini sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di Kota Payakumbuh,” kata Iskandar.

Kegiatan Meat-Milk Pro sendiri berlokasi di tiga provinsi, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan.

Fokus kegiatan di Sumatera Barat adalah membangun model industri peternakan berbasis unit pengolahan daging dengan melibatkan Fakultas Peternakan Universitas Andalas, Dinas Peternakan Provinsi Sumatera Barat, dan Balai Diseminasi Buatan Daerah (BIBD) Tuah Sakato.

Pada kesempatan yang sama, Irwan Prayitno mengungkapkan apresiasinya terhadap LIPI dan pemerintah daerah setempat.

“Sumatera Barat baru-baru ini telah mencanangkan diri sebagai destinasi Wisata Halal disaksikan oleh Menteri Pariwisata, oleh karena itu operasi RPH Modern ini, tentu akan sangat berkontribusi dalam ketersediaan daging berkualitas untuk daerah Payakumbuh dan Sumbar secara umum,” katanya.

Menurut Irwan, RPH Modern ini akan disinergikan dengan konsep Tri Arga Model yang telah terlebih dahulu diusung pemerintah Sumatera Barat, terkait optimalisasi peternak sapi dengan bantuan modal tanpa agunan berupa sapi dan biaya pemeliharaan.

“Dengan kapasitas pemotongan 100 ekor per hari, saya sangat mendorong masyarakat dan juga pemerintah untuk memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal,” kata Irwan.

Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi juga menyatakan rasa terima kasihnya atas keberadaan RPH Modern tersebut. “RPH modern ini merupakan satu-satunya di Payakumbuh, waktunya bagi pemda dan masyarakat menunjukkan komitmen terkait suplai daging sapi beserta turunannya sehingga dapat berkontribusi dalam mendukung ketahanan pangan,” katanya.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home