Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:11 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

LSM Tiongkok Gugat Volkswagen Atas Skandal Emisi

Raksasa Jerman Volkswagen terseret krisis terbesar dalam sejarahnya setelah mengungkapkan bahwa 11 juta mobil diesel mereka dipasangi perangkat lunak yang dirancang untuk memanipulasi uji emisi. (Foto: mashable.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM – Pengadilan Tiongkok sepakat untuk menggelar sidang kasus yang diajukan oleh LSM lingkungan lokal terhadap raksasa otomotif Volkswagen atas skandal manipulasi emisi, menurut keterangan organisasi tersebut, hari Selasa (15/12).

Produsen otomotif kedua terbesar di dunia tersebut terbelit skandal sejak perusahaan asal Jerman itu mengaku pada September lalu memasang perangkat lunak pemanipulasi data uji emisi di 11 juta unit mobil bermesin diesel yang dijual di seluruh dunia.

China Biodiversity Conservation and Green Development Foundation akan menggugat VW di pengadilan atas 1.950 mobil yang diimpor perusahaan tersebut ke Tiongkok dilengkapi dengan perangkat lunak pemanipulasi data uji emisi, dan mengklaim VW melanggar hukum di negara itu serta memperparah polusi udara.

“Ini merupakan kasus hukum perdana mengenai kepentingan publik atas polusi kendaraan, dan bagi kami ini hanyalah awal,” kata Ma Yong, wakil sekretaris jenderal organisasi tersebut.

“Menurut kami gugatan ini pasti akan berdampak terhadap perusahaan-perusahaan mobil lain yang bersalah melakukan pelanggaran lingkungan.”

Pengadilan Tianjin secara resmi pada pekan lalu menerima kasus tersebut, menurut dokumen resmi yang diunggah di akun jejaring sosial LSM tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home