Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:44 WIB | Jumat, 21 April 2023

Mahkamah Agung Myanmar Setuju untuk Mendengarkan Banding Aung San Suu Kyi

Seorang pendukung memperlihatkan potret mantan pemimpin Aung San Suu Kyi selama protes yang menandai peringatan dua tahun pengambilalihan militer yang menggulingkan pemerintahannya di luar Kedutaan Besar Myanmar di Bangkok, Thailand, pada 1 Februari 2023. (Foto: dok. AP/Sakchai Lalit)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Mahkamah Agung Myanmar pada Rabu (19/4) setuju untuk mendengarkan banding atas vonis pemimpin terguling Aung San Suu Kyi dan permintaan pengurangan hukuman dalam beberapa kasus di mana dia didakwa melakukan korupsi, penipuan pemilu dan melanggar undang-undang rahasia resmi, kata seorang pejabat hukum.

Suu Kyi, 77 tahun, ditangkap pada 1 Februari 2021, ketika militer merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilihnya. Dia menjalani hukuman penjara total 33 tahun setelah dinyatakan bersalah dalam serangkaian tuntutan politik yang diajukan oleh militer.

Pendukungnya dan pakar hukum independen mengatakan kasus tersebut merupakan upaya untuk mendiskreditkannya dan melegitimasi pengambilalihan militer, sekaligus mencegahnya kembali ke politik.

Seorang pejabat hukum yang mengetahui kasus-kasus pengadilan Suu Kyi mengatakan Mahkamah Agung belum menetapkan tanggal untuk mendengarkan banding dan permintaan pengurangan hukuman, tetapi mungkin akan dilakukan dalam dua bulan ke depan.

Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk memberikan informasi tentang keputusan tersebut. Pengacara Suu Kyi, yang telah menjadi sumber informasi tentang persidangan, diberikan perintah pembungkaman pada akhir 2021.

Suu Kyi telah dihukum atas berbagai tuduhan, termasuk mengimpor dan memiliki walkie-talkie secara ilegal, melanggar pembatasan virus corona, penghasutan, dan tujuh masalah korupsi lainnya. Sebagian besar banding yang diajukan oleh pengacaranya atas namanya telah ditolak.

Keputusan Mahkamah Agung hari Rabu tidak diumumkan secara terbuka. Sistem peradilan Myanmar beroperasi dengan sedikit transparansi, dan semua persidangan Suu Kyi dilakukan secara tertutup.

Pengambilalihan tentara tahun 2021 disambut dengan perlawanan tanpa kekerasan besar-besaran yang ditekan oleh militer dengan kekuatan mematikan dan telah berubah menjadi perjuangan bersenjata yang meluas. Pemerintah yang dipasang militer tidak mengizinkan orang luar untuk bertemu dengan Suu Kyi sejak dia ditangkap meskipun ada tekanan internasional untuk pembicaraan yang dapat meredakan krisis politik negara itu.

Setidaknya 17.517 tahanan politik, termasuk Suu Kyi, ditahan pada hari Rabu, menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, sebuah organisasi independen yang terus memverifikasi penghitungan penangkapan dan korban yang terkait dengan konflik politik negara.

Mahkamah Agung setuju untuk mendengar banding atas kasus korupsi di mana Suu Kyi dihukum karena menyalahgunakan jabatannya dan merugikan keuangan negara dengan lalai mengindahkan peraturan keuangan. Dia dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara pada bulan Desember atas lima tuduhan korupsi karena memberikan izin kepada Win Myat Aye, seorang anggota Kabinet di pemerintahan sebelumnya, untuk menyewa, membeli, dan memelihara helikopter.

Itu juga setuju untuk mendengarkan permintaan pengurangan hukuman dalam kasus yang melibatkan tindakan rahasia resmi negara. Suu Kyi menerima hukuman tiga tahun penjara September lalu setelah dinyatakan bersalah bersama Sean Turnell, seorang ekonom Australia, dan tiga anggota kabinetnya. Banding sebelumnya dari hukuman di pengadilan yang lebih rendah ditolak.

Turnell, yang menjabat sebagai penasihat Suu Kyi, dan dua anggota Kabinet yang dihukum dibebaskan setelah menerima amnesti. Yang terbaru, Kyaw Win, mantan menteri perencanaan dan keuangan, termasuk di antara lebih dari 3.000 tahanan yang dibebaskan pada Senin untuk menandai liburan tradisional Tahun Baru.

Mahkamah Agung juga setuju untuk mendengarkan permintaan pengurangan hukuman dalam kasus penipuan pemilu terhadap Suu Kyi, Presiden Win Myint yang digulingkan dan mantan menteri kantor kepresidenan, Min Thu. Mereka masing-masing menerima hukuman tiga tahun pada September lalu.

Tim hukum Suu Kyi menghadapi beberapa hambatan, termasuk tidak dapat bertemu dengannya untuk menerima instruksi saat mereka mempersiapkan bandingnya. Mereka telah tiga kali mengajukan izin untuk bertemu dengan Suu Kyi sejak terakhir kali bertemu langsung dengannya pada Desember, tetapi belum mendapat tanggapan, kata pejabat hukum itu.

Peraturan penjara seharusnya memungkinkan setiap narapidana baru untuk berkomunikasi dengan siapa pun untuk mengatur banding. Namun, pengawas penjara diperbolehkan untuk menolak izin pertemuan jika menurut mereka akan bertentangan dengan kepentingan umum. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home