Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:40 WIB | Minggu, 01 Juni 2014

Marquez Menangi Motogp Italia

Marc Marquez di Mugello, Italia Minggu (1/6). (Foto: eurosport.com)

MUGELLO, SATUHARAPAN.COM - Juara dunia asal Spanyol Marc Marquez memenangi enam dari enam balapan yang telah berlangsung musim ini, setelah mendulang kemenangan di Grand Prix Italia yang dilangsungkan di Mugello pada Minggu (1/6).

Pebalap Honda berusia 21 tahun itu, yang juga mencatatkan start terdepan untuk enam kali secara beruntun pada musim ini, mengungguli rekan senegara sekaligus juara dunia dua kali Jorge Lorenzo yang membela Yamaha setelah berduel ketat selama lebih dari separuh jalannya balap.

Kemenangan pebalap asal Spanyol tersebut kali ini tidak mudah setelah terjadi aksi saling menyusul dengan pebalap Yamaha Jorge Lorenzo, terutama pada tujuh putaran terakhir. 

Aksi saling menyusul tersebut bahkan diselingi peristiwa nyaris serempetan sehingga jalannya pertandingan sangat menegangkan.

Marquez terutama berhasil menyusul Lorenzo di jalan lurus, dan sebaliknya Lorenzo menang di tikungan. Namun di lap terakhir Marquez mampu menyusul Lorenzo hingga finis.

Marquez, juara dunia MotoGP tahun lalu, memulai balapan dari start terdepan melakukan start yang buruk sehingga melorot ke urutan ketiga dan pimpinan lomba diambil Lorenzo. Di putaran kedua, Marquez mampu ke urutan kedua.

Lorenzo terus memimpin hingga akhirnya ketika memasuki lap ke-16 atau saat tinggal tujuh lap lagi Marquez mengambil alih balapan di jalan lurus di depan podium.

Namun, juara dunia termuda tersebut tidak lama memimpin, pada lap ke 17 atau saat tinggal enam putaran lagi, terjadi saling salip secara seru. Di suatu tikungan Lorenzo menyalip, namun dibalas oleh Marquez dan kembali Lorenzo berada di depan.

Setelah Lorenzo memimpin dua lap, aksi saling salip kembali terjadi saat balapan tinggal empat putaran lagi. Marquez kembali sempat memimpin di jalur lurus yang sama sebelum diambil kembali oleh Lorenzo, bahkan pada putaran ini dua kali kedua pebalap nyaris saling berserempetan.

Ketegangan belum berakhir saat balapan tinggal tiga putaran, kembali di jalur lurus yang sama Marquez kembali memimpin, namun kembali di tikungan Lorenzo mengambil alih lagi.

Namun di putaran terakhir Lorenzo tidak mampu mempertahankan kepemimpinannya. Di awal putaran terakhir Marquez kembali menyalip dan terus memimpin hingga garis finis dalam lomba yang disiarkan salah satu stasiun televisi itu.

Sementara itu berada di urutan ketiga adalah Valentino Rossi. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home