Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 05:25 WIB | Selasa, 24 Juni 2014

Meksiko Dampingi Brasil Lolos Perdelapan Final, Hajar Kroasia

Luka Modric (kroasia, kiri) ditempel ketat Hector Hererra (Meksiko, kanan). (Foto: fifa.com).

RECIFE, SATUHARAPAN.COM – Meksiko  mengalahkan Kroasia 3-1 dalam laga pamungkas Grup A Piala Dunia 2014, yang berlangsung Selasa (24/6) dini hari WIB, di Stadion Arena Pernambuco, Recife, Brasil.

Meksiko berada pada urutan kedua grup A dengan nilai 7, sementara Brasil di tempat pertama mendapat nilai yang sama tetapi negeri Samba unggul selisih gol. Kroasia berada di peringkat ketiga setelah hanya meraih 3 poin, tempat terakhir diisi Kamerun yang tidak mendapat poin satu pun.

Guillermo Ochoa yang beraksi gemilang di bawah mistar gawang tim Sombrero, Meksiko malah nyaris membuat blunder menit awal pertandingan, terlihat sedikit gugup saat menghalau bola yang jatuh ke kaki pemain Ivica Olic. Sayang gelandang Kroasia lainnya, Modric  yang kebetulan berada di dekat Olic, dan Ochoa gagal mengambil keuntungan.  

Kroasia mendapat peluang menit ke-16, saat Hector Herrera gagal menguasai bola dengan baik. Bola yang semula dikuasai gelandang Meksiko tersebut diserobot Ivan Rakitic yang menyodorkan si kulit bundar ke Ivan Perisic, sayang sekali penguasaan bola Ivica Olic buruk, karena bola diserobot keluar lapangan oleh Rafael Marquez.

Walau Meksiko menguasai bola lebih banyak, tetapi di sisi lain mereka tidak banyak memiliki kesempatan mencetak gol karena gagal masuk ke area berbahaya Kroasia. Meksiko sukses meredam Rakitic dan Modric. Kedua gelandang ini merupakan mesin serangan Kroasia. Babak pertama usai tanpa satu gol pun tercipta.

Meksiko mulai menggebrak menit ke-66 saat Aguilar memberi bola ke  area berbahaya Kroasia. Bola dijinakkan Guardado yang melepaskan tembakan ke arah tiang jauh. Bola seperti mengenai tangan Srna plus pelanggaran terhadap Hernandez. Akan tetapi wasit tidak memberi tendangan bebas bagi Meksiko.

Gol yang ditunggu-tunggu tiba, Meksiko menciptakan gol pertama menit ke-72 lewat Rafael Marquez melalui sundulan kepalanya memanfaatkan bola sodoran dari Hector Hererra.

Meksiko semakin mantap melaju ke babak 16 besar mendampingi tuan rumah Brasil, kali ini gol dari Andres Guardado menit ke-75 terjadi setelah dia bekerja sama dengan Javier Hernandez. Bola sudah dikuasai Javier Hernandez, akan tetapi masih gagal di pertahanan Kroasia, beruntung Guardado berdiri tidak terlalu jauh di belakang Hernandez, dan langsung menceploskan bola tanpa terhalau kiper Kroasia, Pletikosa.

Meksiko meraih gol ketiga, pada menit ke-82 lewat penyerang yang bermukim di Manchester United, Javier Hernandez. Awalnya bola dalam penguasaan Rafael Marquez setelah menyambut sepak pojok dari Aguilar   

Gol hiburan bagi Kroasia tercipta menit ke-88. Bola yang diumpankan dengan Ivan Rakitic tepat mengarah ke Ivan Perisic. Sudut memang sempit, tetapi Ivan Perisic sanggup menjebol gawang dengan mengarahkan bola ke tiang jauh.

Gol Perisic tidak cukup membuat Kroasia melaju ke babak berikutnya, tiket ke 16 besar dimiliki Meksiko yang mendampingi Brasil lolos dari Grup A.

Susunan Pemain:

Kroasia: Pletikosa; Vrsaljko, Pranjic, Perisic, Corluka, Lovren, Rakitic, Modric, Srna, Mandzukic, Olic.

Meksiko: Ochoa; Rodriguez, Marquez, Herrera, Layun, Dos Santos, Moreno, Guardado, Peralta, Aguilar, Vazquez. (fifa.com/sportsmole.co.uk)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home