Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 13:47 WIB | Sabtu, 11 Januari 2014

Memasuki Etape Kelima, Reli Dakar 2014 Bertambah Sulit

Pembalap Tim Redbull berjuang melawan ekstremnya cuaca di Reli Dakar 2014. (Foto: redbull.com)

ROSARIO, ARGENTINA, SATUHARAPAN.COM - Semakin hari semakin sulit, kata itulah yang tepat untuk menggambarkan Reli Dakar 2014. Reli Dakar 2014 sudah memasuki etape kelima, etape para pereli menghadapi medan antara Chilecito menuju San Miguel Tucuman, sejak Kamis (9/1).

Menempuh jarak 900 km secara keseluruhan, para pereli dituntut untuk dapat bernegosiasi dengan cuaca yang sangat ekstrem. Seusai Rabu (8/1) peserta reli menghadapi hujan deras, kali ini pereli harus menghadapi suhu yang mencapai 40 derajat celsius.

Cuaca ekstrem itu juga menyebabkan mesin para pereli bekerja secara ekstra hingga menyebabkan mesin terlalu panas. Selain itu, masalah dalam navigasi juga semakin mempersulit para pereli, akibatnya para pereli pun banyak yang tersasar dikarenakan sulitnya mendapatkan navigasi di tengah cuaca ekstrem.

Joan Bort dari Tim Honda, seperti dikutip harian olahraga Bola, mengatakan, “Kami mengalami masalah navigasi sehingga hampir semua pereli tersesat di kilometer terakhir menjelang garis finis, dan saya juga beberapa kali dihadang masalah teknis. Harian Olahraga BOLA (11/1)

Situasi yang sama dialami terjadi di kategori mobil. Para kandidat juara seperti Stephane Peter-Hansel, Nasser Al Attiyah, dan Carlos Sainz juga ikut tersesat

"Etape yang sangat berat dan mungkin tersulit sepanjang karier saya di Reli Dakar. Namun, saya senang karena masalah yang saya alami tak seberat para pesaing. Kami memimpin, tapi lomba masih panjang," ujar Nani Roma, pereli asal Spanyol. 

Penyelenggaraan Reli Dakar 2014 telah dimulai di Rosario, Argentina (5/1), menuju Bolivia, dan akan berakhir di kota pelabuhan, Valparaiso, Cile. Hal ini menempatkan Bolivia menjadi sebagai tuan rumah yang ke-28 dalam reli ini.

Reli Dakar dulu dikenal dengan sebutan Reli Paris-Dakar, kegiatan balapan tahunan yang diselenggarakan oleh Amaury Sport Organization. Pada 2014, Reli Dakar memperlombakan empat kategori (mobil, motor, quad, dan truk). Kegiatan ini merupakan balapan terbuka baik bagi pembalap profesional ataupun amatir, namun biasanya 80 persen peserta dari Reli Dakar ini berstatus amatir. (dakar.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home