Loading...
INSPIRASI
Penulis: Gabriel Satyoadi 07:38 WIB | Senin, 25 Juli 2016

Membuat Perencanaan

Tetap prioritaskan hal yang lebih penting!
Membuat rencana (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – Rencana adalah sebuah rancangan yang dibuat agar apa yang akan kita kerjakan lebih terarah, efektif, dan efisien. Membuat perencanaan sangatlah penting sebelum kita mengerjakan sesuatu. Dengan membuat perencanaan, kita dapat meminimalisasi terjadinya kegagalan. Akan tetapi, bukan berarti apa yang sudah kita rencanakan dengan matang tidak memiliki kemungkinan gagal. Ada banyak faktor eksternal yang dapat membuat rencana kita gagal.

Dalam membuat perencanaan, penting bagi kita untuk memperhitungkan tingkat keberhasilan dan kegagalan dari konsep yang telah dibuat. Lalu pikirkan apakah rancangan yang kita buat realistis untuk diwujudkan atau tidak. Sebab, tak sedikit orang yang akhirnya kecewa, bahkan putus asa, ketika rencananya gagal.

Kita perlu membuat rencana baik jangka panjang maupun jangka pendek. Membuat rencana jangka pendek cenderung lebih mudah karena kita dapat mengukur kemampuan kita saat ini untuk mencapai target yang ingin kita capai. Jika belum terbiasa membuat perencanaan jangka panjang, mulailah dengan membuat perencanaan sederhana untuk jangka pendek.

Misalnya, awal bulan depan kita berencana untuk mengadakan liburan bersama teman kantor atau teman kuliah. Kita harus memperhitungkan apa saja yang dibutuhkan saat pergi berlibur dan berapa biaya yang dibutuhkan. Setelah itu buatlah perencanaan keuangannya. Pikirkan dan tentukan juga uang yang akan kita gunakan, apakah cukup menggunakan uang yang kita miliki sekarang, atau selama ini kita sudah memiliki simpanan uang untuk kegiatan tersebut. Jika memang tidak memungkinkan, jangan dipaksakan. Tetap prioritaskan hal yang lebih penting!

Membuat perencanaan jangka panjang akan lebih rumit dan lebih banyak yang harus dipikirkan. Risiko gagal dan putus asa lebih besar jika nantinya tidak terlaksana. Dampaknya juga akan fatal jika kita tidak siap menerima kegagalan. Oleh karena itu, selalu libatkan Tuhan dalam setiap rencana yang kita buat agar Dia selalu menyertai dan mempersiapkan yang terbaik untuk kita. Sekecil apa pun rencana kita, penyertaan Tuhan akan berdampak besar pada setiap proses dan hasil akhir yang kita tuju.

Selamat Berencana bersama Tuhan!

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home