Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:58 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Syafii Maarif Harap Pilkada Lahirkan Pemimpin Berintegritas

Mantan Ketua Umum PP Muhamadiyah Syafii Maarif. (Foto: Dok. satuharapan.com)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Mantan ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif berharap pemilihan kepala daerah (pilkada) yang akan diselenggarakan secara serentak pada 9 Desember 2015 mendatang mampu menghadirkankan pemimpin berintegritas.

"Memang harus ada regenerasi pemimpin. Melalui Pilkada mendatang mudah-mudahan akan ada generasi yang lebih baik," kata sosok yang akrab disapa Buya itu usai menjadi pembicara dalam Kongres Pancasila VII di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Senin (2/6).

Menurut dia, kultur politik yang mengawal pelaksanaan pilkada mendatang harus lebih berorientasi pada tanggung jawab kepemimpinan, bukan semata-mata kekuasaan. "Kalau politik yang berkembang masih seperti sekarang ini, sangat susah memunculkan pemimpin (berintegritas)," kata dia.

Para politisi saat ini, menurut dia, masih memiliki orientasi memperebutkan kekuasaan tanpa didasari keinginan luhur untuk menyelenggarakan pembangunan daerah secara optimal. "Kalau politisi saat ini, saya lihat masih enggan naik kelas menjadi negarawan," kata dia.

Menurut Buya, pergantian kepemimpinan daerah melalui pilkada sebaiknya bukan hanya sekadar seremonial yang mengedepankan prosedur secara serentak. Pergantian orang yang akan menjabat sebagai gubernur, bupati, atau wali kota, harus betul-betul mampu menghayati nilai pancasila sebagai dasar negara.

"Bukan hanya persoalan pergantian muka-muka lama menjadi baru, tapi mereka (calon kepala daerah) juga harus serius menghayati nilai Pancasila," kata dia. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home