Loading...
EKONOMI
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:43 WIB | Rabu, 08 Oktober 2014

Mendag Lutfi: Trade Expo 2014 Dikemas Istimewa

Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi, didampingi Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Nus Nuzulia Ishak dan Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Pradnyawati, meninjau persiapan The 29th Trade Expo Indonesia 2014, di JI-Expo Kemayoran, Jakarta, Selasa (7/10). (Foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi mengajak masyarakat Indonesia, ASEAN, dan internasional, menghadiri perhelatan tahunan Trade Expo Indonesia (TEI). Ajang pameran internasional paling akbar ini bakal digelar pada 8-12 Oktober 2014 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta dengan mengusung tema “Towards Green Business.

Menginjak tahun ke-29, TEI 2014 memang dikemas sangat istimewa. Kementerian Perdagangan mencoba memberikan nilai tambah, melalui penyelenggaraan The Pride of Indonesia Pavilion, ASEAN Pavilion, dan Primaduta Award.

“Kementerian Perdagangan menyajikan produk dan jasa Indonesia yang berkualitas ekspor bagi buyers, sekaligus memberikan apresiasi kepada buyers yang senantiasa percaya pada kualitas produk dan jasa ekspor Indonesia,” Mendag menjelaskan.

Dia menambahkan, upaya meningkatkan nilai tambah TEI 2014, melalui adanya The Pride of Indonesia Pavilion, ASEAN Pavilion, dan Primaduta Award, merupakan bentuk pelayanan Kemendag yang lebih optimal bagi pelaku usaha, termasuk buyers internasional.

The Pride of Indonesia Pavilion rencananya akan menampilkan produk kebanggaan Indonesia, yakni merek lokal yang sudah diterima pasar global yang meliputi industri strategis, produk berbasis teknologi tinggi, manufaktur, green products, serta produk kreatif dan UKM unggulan. Sedangkan ASEAN Pavilion akan menghadirkan stan informasi dari perwakilan negara-negara ASEAN dalam rangka menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Sementara itu, penyelenggaraan Primaduta Award 2014, untuk pertama kalinya akan diberikan kepada enam buyers yang secara konsisten selama tiga tahun terakhir melakukan pembelian produk Indonesia yang semakin meningkat, baik nilai, volume, dan keberagaman produknya. Primaduta Award kali ini akan diberikan kepada buyers yang berasal dari Jepang, Thailand, Mesir, Jerman, Cile, dan Uni Emirat Arab.

Kemendag telah berupaya keras kembali menampilkan TEI dalam kemasan baru yang memiliki nilai tambah, agar dapat semakin menarik buyers hadir pada TEI 2014. “Sampai 1 Oktober 2014 buyers yang telah terdaftar mendekati 12.000 buyers yang berasal dari 97 negara. Selain itu, sebanyak 63 negara juga akan mengirimkan delegasi misi dagangnya,” Lutfi mengungkapkan.

Hal tersebut diakui Lutfi tak lepas dari kerja sama yang baik antara Kemendag dan Kementerian Luar Negeri beserta perwakilan RI di seluruh dunia (Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, Atase Perdagangan, dan Indonesian Trade Promotion Center), guna mengundang buyers dari negara akreditasi mereka. Dari komposisi produk, beberapa yang paling diminati buyers adalah tekstil dan produk tekstil, diikuti produk home decoration, produk pertanian, produk fesyen dan aksesori, serta produk furnitur kayu.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada TEI 2014 juga akan disampaikan Primaniyarta Award kepada 15 pengekspor Indonesia terbaik, yang telah meningkatkan dan mengembangkan ekspor secara berkualitas, baik berupa diversifikasi produk, maupun pasar tujuan ekspor. Primaniyarta Award 2014 terdiri atas empat kategori, yaitu Kategori Eksportir Berkinerja, Kategori Eksportir Pembangun Merek Global, Kategori Eksportir Potensi Unggulan, dan Kategori Eksportir Pelopor Pasar Baru.

TEI 2014 akan menempati area seluas  40.000 meter persegi dan sebanyak 98 persen area pameran telah terisi hingga saat ini. Produk-produk yang dipamerkan terdiri atas komoditas ekspor utama, komoditas ekspor prospektif, dan produk ekspor lainnya. Selain produk utama dan produk prospektif, akan ditampilkan pula produk dari bidang jasa dan tenaga kerja terlatih, seperti jasa konstruksi, jasa profesi, dan jasa akomodasi.

Berdasarkan zonasi produk, di Hall A akan ditampilkan produk otomotif dan komponennya, elektronik, alat kesehatan, alas kaki, tekstil dan pakaian jadi, peralatan olah raga, ban, produk pertanian dan manufaktur, kimia, peralatan rumah tangga, bahan bangunan, dan jasa (bisnis, konstruksi, IT, pertambangan, tenaga kerja terlatih, dan lain-lain). Hall B akan diisi oleh beragam jenis furnitur, dan Hall C akan berisi aneka makanan dan minuman.

Sementara itu, Hall D akan menampilkan produk premium dan gaya hidup, seperti fashion, kulit, aksesori, perhiasan, kecantikan, Desainer Dispatch Service Pavilion, Pride of Indonesia Pavilion, dan ASEAN Pavilion. Sedangkan Hall F akan diisi produk terbaik dari provinsi di Indonesia. Selain itu, produk seperti rumah knock down, panel energi sinar matahari, dan alat berat akan menghiasi sisi ruang terbuka TEI 2014.

Selain pameran, TEI 2014 juga memiliki acara pendukung yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis, antara lain Trade and Investment Forum (TI Forum) 2014, yang terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan, seperti Trade and Investment Seminar yang merupakan hasil kerja sama Kemendag dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), dialog interaktif, export summit, dan klinik bisnis. Selain itu, diselenggarakan pula business matching, lomba artikel dan foto untuk jurnalis, serta lomba penulisan esai bagi mahasiswa.

Aplikasi TEI untuk Smart Phone

TEI kali ini, telah menerapkan teknologi informasi dengan penggunaan mobile applications (mobile apps) Tradexpo Indonesia yang dapat diunduh di play store untuk android dan apple store untuk iOS. Penggunaan aplikasi ini mendukung tema TEI "Towards Green Business" dengan mengurangi penggunaan kertas untuk katalog peserta pameran dalam bentuk cetak.

Dengan aplikasi tersebut, pengunjung TEI dapat melihat katalog peserta pameran secara elektronik pada smart phone dengan informasi yang lengkap. Selain itu, para peserta pameran juga dapat memanfaatkan aplikasi tersebut, untuk mengetahui dan menyimpan informasi pengunjung booth peserta pameran. Aplikasi ini juga menyediakan jadwal berbagai acara dan berita yang ada selama pameran berlangsung. Peserta maupun pengunjung dapat tetap menggunakan aplikasi tersebut setelah pameran berakhir, sehingga komunikasi bisa terus terjalin dengan menggunakan informasi yang tersedia dalam aplikasi.(kemendag.go.id)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home