Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 05:59 WIB | Rabu, 18 Februari 2015

Mendag Minta Bulog Evaluasi Sistem Distribusi Beras

Menteri Perdagangan Rahmat Gobel (kiri) didampingi Perdagangan Luar Negeri, Partogi Pangaribuan memberikan keterangan terkait neraca perdagangan Januari 2015 di Kantor Kemendag Jakarta, Selasa (17/2). Mendag optimis dengan pencapaian neraca perdagangan Januari 2015 dengan total ekspor mencapai 13,3 miliar dolar AS sedangkan impor mencapai 12,6 miliar dolar AS atau surplus 709,4 juta dolar AS, didorong surplus nonmigas sebesar 748 juta dolar AS. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mengaku saat ini pendistribusian beras melalui food station tidak bisa membantu menekan harga beras. Dia menduga ada banyak pengusaha nakal yang mengatur harga beras di pasaran. Untuk itu dia meminta Perum Bulog mengevaluasi sistem distribusi beras nasional agar beras tersebut dapat sampai kepada masyarakat dengan harga yang wajar.

“Saya minta Kepala Bulog mengevaluasi sistem distribusi. Setelah melihat dan mengevaluasi, ternyata distribusi yang melewati food station tidak bisa membantu upaya menekan harga beras,” kata Rachmat di Kantor Kemendag Jalan Ridwan Rais Jakarta Pusat, Selasa (17/2).

Rachmat menyatakan bahwa per tanggal 16 Februari 2015 pendistribusian beras nantinya akan dilakukan oleh satgas sehingga masyarakat langsung menerima beras dengan harga yang sebenarnya.

Dia juga sempat beberapa kali mendatangi dan mendapati gudang yang memiliki beras Bulog sudah dicampur lalu dikirim ke luar kota dan bukannya untuk konsumen di wilayah Jakarta.

Rachmat menjelaskan bahwa beras Bulog untuk masyarakat sudah ditetapkan harganya. Pemerintah tentu bisa memperluas operasi pasar sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang bisa membeli beras Bulog.

“Nanti bisa saja kami perluas jangkauan operasi pasar. Tidak hanya di Jabodetabek saja. Yang penting jangan sampai ada permainan harga oleh mafia beras,” kata dia menambahkan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home