Loading...
SAINS
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:37 WIB | Kamis, 10 April 2014

Mendikbud Cek Persiapan UN Lewat Konferensi Video

Ujian Nasional bagi siswa tingkat SMA dan sederajat akan mulai dilaksanakan Senin (14/4) mendatang. (Foto: kemendikbud.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi siswa Sekolah Menangah Atas (SMA) dan sederajat, pada Senin (14/4) mendatang, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengecek kesiapan pelaksanaan lewat konferensi video dengan Dinas Pendidikan Provinsi, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), dan perguruan tinggi.

“Komunikasi ini dilakukan secara sampling, untuk mengetahui persiapan UN yang pelaksanaannya dimulai pada Senin 14 April 2014,” ucap Mendikbud, sebelum memulai konferensi perihal persiapan UN 2014, di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Kamis (10/4).

Dalam konferensi tersebut Mohammad Nuh berbicara perihal persiapan UN 2014 dengan pejabat terkait, dari LPMP Bengkulu, LPMP Lampung, LPMP Banten, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, LPMP Sulawesi Barat, Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, LPMP Sulawesi Tengah, LPMP Sulawesi Utara, LPMP Kalimantan Selatan, LPMP Kalimantan Barat, LPMP NTT, LPMP Maluku, dan Universitas Mataram NTB.

Menurut Mohammad Nuh, konferensi video ini bertujuan untuk mendapatkan tiga informasi. Pertama, mengenai naskah soal, ia ingin memastikan seluruh naskah soal telah tiba di provinsi, atau sudah masuk di kabupaten/kota. Kedua, persiapan pelaksanaan teknis, termasuk pengawasan dan pengamanan. Terakhir, terkait persiapan untuk pemindaian. Karena pemindaian waktunya sangat singkat, pemindaian dilakukan percepatan.

“Jangan sampai naskah soal atau Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) yang sudah selesai itu masih menunggu terlalu lama, baik di dinas provinsi atau kabupaten/kota. Begitu selesai segera dibawa ke tempat pemindaian, demikian juga saat di tempat pemindaian, semuanya sudah siap dan tidak ada penundaan. Sehingga semuanya terselesaikan dengan baik,” Mohammad Nuh menambahkan.

Posko Pengaduan Kemendikbud

Kemdikbud membuka posko pengaduan ujian nasional melalui gerai informasi media Pusat Informasi dan Humas. Posko ini dibuka sejak tanggal 11 April hingga 16 Mei 2014, dan menerima pengaduan masyarakat terkait pelaksanaan UN.

Posko UN dibuka setiap hari, Senin hingga Jumat, posko dibuka pukul 06.00-16.00 WIB. Sedangkan pada Sabtu dan Minggu, posko dibuka sejak pukul 09.00-16.00 WIB. Posko ini menggunakan berbagai media layanan. Mulai dari call center/telepon, faksimili, surat elektronik/email, ataupun tatap muka.

Untuk telepon, masyarakat dapat menghubungi nomor 177 atau 021-5703303 atau 0816 979 177. Sedangkan faksimili, nomor yang bisa dihubungi adalah 021-5733125, untuk SMS masyarakat diperbolehkan menghubungi nomor 0811 976 929. Sementara bagi yang ingin melalui email, pengaduan bisa dikirim ke pengaduan@kemendikbud.go.id. Sedangkan untuk pelayanan langsung atau tatap muka, masyarakat diijinkan mengunjungi Gerai Informasi dan Media, Gedung C lantai 1, Kantor Kemdikbud, Jakarta.

Selain posko tersebut, masyarakat dapat menyampaikan laporan ataupun pengaduannya ke posko Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), pada nomor 0815 1915 7000 atau 021 766 8590. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home