Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:12 WIB | Kamis, 30 Maret 2023

Menhan: Tantangan Meningkat, Militer Selandia Butuh Lebih Banyak Sumber Daya

Menteri Pertahanan Selandia Baru ,Andrew Little, berfoto di Wellington, Selandia Baru, 30 Maret 2023. (Foto: Reuters)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Militer Selandia Baru akan membutuhkan investasi besar karena menghadapi tantangan baru dan harapan yang lebih besar dari sekutu regional, kata menteri pertahanan baru negara itu, Andrew Little, hari Kamis (30/3).

“Saya pikir ketika Anda melihat situasi geostrategis yang kita miliki di Pasifik saat ini, saya pikir tantangan jangka panjangnya adalah mitra dan tetangga kita akan mengatakan kepada kita: 'kami berharap lebih',” kata Little kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Frekuensi peristiwa perubahan iklim atau peristiwa cuaca akan bertambah…. Dan kemudian ada kerja sama dengan mitra untuk memproyeksikan postur yang defensif,” katanya.

Sedikit yang mengonfirmasi bahwa koordinator Indo-Pasifik Gedung Putih, Kurt Campbell, bulan ini telah mengemukakan bersamanya kemungkinan Selandia Baru menjadi mitra non-nuklir AUKUS.

Amerika Serikat “tentu saja ingin melibatkan Selandia Baru, tetapi itu bukan keputusan yang bisa saya ambil sendiri,” katanya. “Dalam beberapa pekan ke depan saat kami mulai menyusun beberapa pertanyaan (pertahanan) jangka panjang untuk kami; AUKUS akan menjadi salah satunya.”

Keterlibatan Selandia Baru dalam AUKUS akan menandakan pemanasan lebih lanjut dalam hubungan antara Selandia Baru dan Amerika Serikat. Negara-negara itu bukan sekutu resmi.

Little mengatakan bahwa apa pun yang diputuskan Selandia Baru dalam hal terlibat dengan AUKUS, penting bahwa angkatan pertahanan diperlengkapi untuk bekerja dengan rekan-rekan Australianya.

Selandia Baru, yang menghabiskan sekitar 1,5 persen dari PDB-nya untuk militernya, sedang melakukan peninjauan kebijakan pertahanan saat negara tersebut bergulat dengan geopolitik regional dan perubahan iklim. Little mengatakan dia mengharapkan untuk menerima hasil pertama dari tinjauan dalam beberapa pekan mendatang.

Angkatan Pertahanan telah berjuang dengan penurunan rekor sebagian karena gaji rendah, yang telah memaksa angkatan laut menganggurkan tiga kapalnya dan memensiunkan armada P-3 Orion lebih awal.

Sumber daya sangat tipis, kata Little, sehingga jika peristiwa penting kedua terjadi saat Angkatan Pertahanan merespons setelah Topan Gabrielle pada bulan Februari, Angkatan Pertahanan akan kesulitan untuk merespons.

Little mengatakan menghentikan orang untuk pergi dan menarik kembali mantan anggota Angkatan Pertahanan dengan bayaran lebih tinggi adalah kuncinya. Dia mengaku belum mengetahui berapa anggaran yang akan dialokasikan untuk militer tahun ini.

Dia mengatakan bahwa meskipun Selandia Baru telah melakukan beberapa investasi, pemerintah perlu mempertimbangkan lebih banyak, terutama untuk angkatan laut negara tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home