Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 04:54 WIB | Selasa, 09 Juni 2015

Menkeu Dijadwalkan Hadiri Sidang Tahunan IDB di Mozambik

Bambang Brodjonegoro (kanan) saat menjadi pemateri dalam sebuah diskusi. (Foto: Dok. satuharapan.com/ Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menghadiri sidang tahunan Bank Pembangunan Islam (Islamic Development Bank, IDB) ke-40 di Maputo, Mozambik.

Menurut keterangan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan NE Fatimah dalam keterangannya di Jakarta, Senin (8/6) menyebutkan kehadiran Menkeu, sebagai salah satu Gubernur IDB, untuk mengevaluasi kinerja IDB dan menerima pelimpahan keketuaan Dewan Gubernur IDB.

Dalam sidang tahunan yang akan berlangsung mulai dari Minggu (7/6) sampai dengan Kamis (11/6) 2015 dan dihadiri 56 negara anggota

Menkeu akan menyampaikan pidatonya yang berisi tiga hal utama yaitu aktivitas pembiayaan IDB, pengisian jabatan senior di IDB dan peranan bank dalam investasi infrastruktur di negara anggotanya.

Menkeu memberikan apresiasi atas berbagai upaya IDB untuk melakukan ekspansi pembiayaan dan memobilisasi pembiayaan untuk anggotanya, khususnya strategi bank dalam menerbitkan sukuk secara global serta mempromosikan industri keuangan islam secara umum.

Menkeu juga mendorong IDB untuk lebih kuat dalam memberikan assessment pemberian utang agar penurunan pendapatan bersih tahun 1435 H atau 2014 sebesar 17 persen dapat diatasi di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, Menkeu terus mendorong IDB memperbaiki proses pencairan bank untuk memastikan bahwa pembiayaan proyek-proyek penting, terutama sarana dan prasarana infrastruktur, dapat dimobilisasi secara lebih cepat.

Terkait dengan manajemen bank, Menkeu juga mendorong IDB untuk segera mengisi kekosongan dua posisi penting di IDB yaitu Wakil Presiden Keuangan dan Wakil Presiden Operasi. Pengisian jabatan tersebut harus menggunakan merit system untuk menjamin hanya kandidat terbaik yang terpilih.

"Dalam hal ini, Indonesia telah mempunyai pengalaman dan menawarkan kesediaannya untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan negara-negara anggota IDB lainnya," kata NE Fatimah.

Menkeu juga menekankan pentingnya IDB dalam mendorong pembiayaan infrastruktur dengan menciptakan lembaga khusus pembiayaan infrastruktur dengan berdasarkan prinsip-prinsip syariah sebagai salah satu cara membantu negara anggota untuk mencapai tujuan pembangunan.

Dalam sidang tahunan IDB ke-40 tersebut juga dipastikan bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan sidang tahunan IDB ke-41 di Jakarta pada 2016, setelah sebelumnya menjadi tuan rumah pada 1995, serta ditunjuk menjadi Ketua Dewan Gubernur IDB.

Dengan menjadi penyelenggara sidang tahunan IDB tersebut, Indonesia akan berperan aktif dalam menentukan arah kebijakan IDB sesuai dengan kepentingan nasional dan kepentingan bersama negara-negara anggota.

Dalam sidang tahunan IDB ke-41 tahun 2016, Indonesia akan menyelenggarakan pameran yang bertujuan memberikan informasi umum mengenai nusantara, promosi kemajuan pembangunan dan persiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Selain itu, akan ditampilkan video dan buku-buku pariwisata Indonesia untuk menarik kedatangan delegasi lebih banyak pada sidang tahunan IDB di Jakarta sekaligus berkunjung ke tempat-tempat lain di Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu negara pendiri IDB telah mempunyai sejarah panjang kerja sama dengan IDB dan model kerja sama ini dituangkan dalam strategi kemitraan yang dalam penyusunannnya menyesuaikan dengan RPJMN.

Dengan demikian, bantuan IDB akan disesuaikan dengan prioritas pembangunan yang ada di RPJMN. Hingga saat ini, bantuan IDB kepada Indonesia telah dilakukan di semua sektor, dengan penerimaan manfaat terbesar pada sektor pertanian dan pendidikan. (Ant).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home