Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 18:15 WIB | Kamis, 02 Juni 2016

Menkeu Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tetap 5,3 Persen

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro (Foto: Bob H Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan pertumbuhan ekonomi pada Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2016 diperkirakan tetap di angka 5,3 persen.

"Pertumbuhan ekonomi ini didorong oleh konsumsi rumah tangga sebesar 5,1 persen dan konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) naik dari 2 persen menjadi 6,2 persen lantaran adanya tunjangan hari raya dan adanya gaji ke 13," kata dia saat rapat dengan Badan Anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, hari Kamis (2/6).

Dia juga menambahkan bahwa konsumsi pemerintah diharapkan akan membaik sejalan dengan penyerapan belanja yang optimal. Melihat kondisi itu, konsumsi pemerintah diperkirakan akan naik dari 5,7 persen menjadi 6 persen.

"Untuk ekspor akan turun dari 2,2 persen menjadi 0,1 persen dan untuk impor juga diperikarakan akan turun 2 persen menjadi 0,4 persen," kata dia

Dia juga mengatakan, pertumbuhan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB)  akan membaik seiring dengan sudah berjalannya proyek infrastruktur, pertumbuhan PMTB akan naik dari angka 6,2 persen menjadi 6,3 persen.

"Jadi pertumbuhan ekonomi pada APBN-P tahun 2016 tetap dibandingkan APBN tahun 2016 sebesar 5,3 persen," tambah dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home