Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:26 WIB | Rabu, 11 September 2013

Menko Perekonomian Mendesak Supaya Stok Kedelai Disalurkan

Bahan baku kedelai yang dijadikan tempe sedang diratakan dengan menggunakan papan supaya rata hasilnya. (Foto: Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Hatta Rajasa mendesak, supaya semua pihak terkait untuk segera menambah supply dan menyalurkan stok kepada pengrajin tahu dan tempe. Hal ini seiring terjadinya aksi mogok sejumlah pengrajin tempe dan tahu akibat tingginya harga kedelai yang menyentuh harga Rp 10.000 per kg.

"Stok yang ada disalurkan segera untuk pengrajin tahu dan tempe," kata Hatta Rajasa dalam acara Danareksa Macro Forum, di Hotel Four Seasons, pada Selasa (10/9), kemarin di Jakarta.

Menurt Menko Perekonomian, pemerintah telah menambah supply kedelai dan melakukan impor guna menurunkan harga kedelai di pasaran yang melambung tinggi. Selain itu, pemerintah telah membicarakan harga yang dapat diserap oleh para pengrajin tahu dan tempe.

Terkait dengan aksi mogok para perajin tahu dan tempe, Menko Perekonomian mengungkapkan dirinya telah melakukan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan untuk membahasnya. "Mendag sudah ketemu dan menjelaskan kepada saya ada respon untuk dana yang masuk ke koperasi-koperasi dan pengrajin tahu dan tempe," kata Hatta Rajasa.

Stabilkan Harga

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan telah mengunjungi tempat perajin tahu dan tempe yang tergabung dalam Primer Koperasi Produksi Tahu-Tempe Indonesia (Prim Kopti) di Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, pada Selasa (10/9), kemarin di Jakarta Barat.

Dalam kunjungannya tersebut, sekira 300-an perajin tahu tempe Kopti meminta kepada Pemerintah agar harga kedelai diturunkan. Merespons tuntutan itu, Mendag Gita Wirjawan mengatakan, Bulog telah dilibatkan untuk menstabilkan harga kedelai.

“Kami telah memberikan izin impor 100 ribu ton kedelai untuk BULOG. Jika kebutuhan per hari untuk produksi di Semanan sekitar 60 ton atau 1.800 ton per bulan, maka BULOG sangat dapat memenuhi kebutuhan kedelai para perajin di Semanan,” kata Gita Wirjawan

Menurut Mendag, stok kedelai nasional saat ini mencapai 300 ribu ton, dan sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan nasional. Akan tetapi, para perajin mendapatkan kedelai dari para importir, sehingga harga beli sangat dipengaruhi oleh kenaikan nilai mata uang dolar Amerika Serikat (AS).

“Solusi jangka pendek yang akan kami lakukan adalah memastikan para pengusaha importir bekerja sama dengan Kopti untuk menyuplai kedelai ke para perajin tahu dan tempe dengan harga khusus,” kata Mendag.

Selanjutnya, Gita Wirjawan berharap dapat menuntaskan persoalan kedelai ini dengan menjembatani antara pihak importir dan perajin tahu dan tempe. Metode ini diharapkan bakal mampu meringankan beban para perajin tahu tempe imbas penguatan dolar AS. (setkab.go.id)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home