Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 07:36 WIB | Sabtu, 04 Januari 2014

Menlu AS di Hari Kedua Perundingan Israel, Ditolak Warga Palestina

Menlu AS, John Kerry bertemu senator Joh MacCain di Yerusalem dalam rangka pembicaraan damai Israel-Palestina. (Foto: Getty)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, melancarkan hari kedua perundingan dengan Israel dan Palestina pada Jumat (3/1), guna menyelesaikan kerangka kerja untuk memandu negosiasi kesepakatan damai. Di sisi lain, pengunjuk rasa Palestina pada Jumat mengecam upaya terakhir dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry untuk memajukan pembicaraan damai dengan Israel, menggunakan nyanyian membangkitkan pemberontakan Arab dan menyuruhnya pulang.

Para pejabat Amerika secara pribadi mengatakan bahwa mereka yakin perundingan langsung yang dilanjutkan kembali pada Juli setelah tersendat selama tiga tahun, mencapai sebuah fase baru, dengan tenggat waktu penyelesaian April, tapi berusaha untuk menyelesaikan perlawanan sengit dari kedua belah pihak untuk melakukan kompromi apa pun.

Kerry kembali ke Israel pada Kamis untuk perjalanan ke sepuluhnya sebagai menteri luar negeri, dan langsung melakukan lima jam pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Kedua tokoh tersebut akan bertemu kembali pada Jumat tengah hari, setelah Kerry dan timnya pertama bertemu untuk bincang-bincang sambil sarapan di hotel Yerusalem dengan Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman.

Diplomat tinggi AS kemudian akan bertolak ke Ramallah untuk berdiskusi dengan presiden Palestina, Mahmud Abbas, di kantor pusatnya di Tepi Barat.

Tapi Netanyahu pada Kamis pesimis dengan kemajuan pembicaraan tersebut. Ia melancarkan serangan terhadap Abbas dan meragukan apakah dia dan Palestina benar-benar menginginkan perdamaian.

“Saya tahu bahwa Anda berkomitmen terhadap perdamaian, saya tahu bahwa saya berkomitmen terhadap perdamaian. Tapi sayangnya berkat tindakan dan kata-kata pemimpin Palestina, ada kekhawatiran yang berkembang di Israel apakah Palestina berkomitmen terhadap perdamaian,” ujar Netanyahu kepada Kerry dengan wajah muram.

Diusir dari Tepi Barat

Di sisi lain, pengunjuk rasa Palestina pada Jumat mengecam upaya terakhir dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry untuk memajukan pembicaraan damai dengan Israel, menggunakan nyanyian membangkitkan pemberontakan Arab dan menyuruhnya pulang.

Beberapa jam sebelum Kerry dijadwalkan bertemu Presiden Palestina Mahmud Abbas, kerumunan parau beberapa ratus turun ke jalan dari Ramallah, Tepi Barat meneriakkan “Kerry, kau pengecut, tidak ada tempat untukmu di Palestina !”

Secara terpisah, seorang pejabat yang dekat dengan Abbas mengatakan dorongan Kerry untuk “perjanjian kerangka kerja” sebagai bias terhadap Israel.

Kerry mengatakan kesepakatan tersebut akan mempersempit kesenjangan antara sisi dan membuka jalan bagi kesepakatan akhir ketika periode sembilan bulan yang diberikan pembicaraan yang didukung AS berakhir pada 29 April.

Tapi Yasser Abed Rabbo, wakil Abbas di Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), mengatakan rencana itu, masih, “membatasi kedaulatan Palestina di tanah Palestina”.

“Sisi Palestina bahkan tidak akan melihat selembar kertas tak berharga, perjanjian kerangka kerja, yang berisi prinsip-prinsip umum untuk negosiasi kemudian, ketika kedua belah pihak telah melakukan negosiasi selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun,” kata Abed Rabbo dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan dalam koran al-Ayyam, Jumat.

Para pejabat Palestina dan Israel telah berbeda publik mengenai status masa depan perbatasan Tepi Barat dengan Yordania, di mana rakyat Israel menginginkan kehadiran keamanan permanen tetapi Palestina menginginkan penarikan penuh tentara Israel dan pemukim Yahudi.

Israel mengatakan pekan lalu pihaknya merencanakan untuk membangun 1.400 rumah lagi di permukiman di Tepi Barat yang diduduki.

Kerry mengatakan kepada wartawan bahwa perjanjian tersebut, selain perbatasan dan keamanan, akan bertujuan untuk mengatasi semua isu-isu kunci konflik ini seperti pengungsi dan Jerusalem.

Diplomat tinggi AS yang diselenggarakan lima jam pembicaraan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari Kamis (2/1) dan bertemu lagi pada Jumat. Dia dijadwalkan untuk melihat Abbas di kemudian hari.

Sekitar tiga ratus aktivis dengan Front Demokratik sayap kiri untuk Pembebasan Palestina partai berunjuk rasa di pusat kota Ramallah jam sebelum jadwal kedatangan Kerry.

“Rakyat ingin kerangka kerja sama batal!”teriak mereka, membangkitkan nyanyian terdengar di protes di seluruh Timur Tengah pada 2011. “Sudah jelas, Kerry, kami tidak ingin melihatmu! Orang-orang Amerika adalah musuh rakyat kami!” teriak mereka.

Puluhan polisi anti huru hara dan pasukan keamanan berpakaian preman mencegah perjalanan mereka mencapai kawasan kepresidenan di Ramallah, tempat Abbas diharapkan untuk menerima Kerry.

US Senator Republik John McCain, yang juga di Israel dan telah berunding dengan Perdana Menteri Israel, mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat bahwa Netanyahu meragukan proposal.

“Netanyahu memiliki, keprihatinan serius serius tentang rencana seperti yang telah disajikan kepadanya, apakah itu pada kemampuan Israel untuk mempertahankan perbatasannya, pada keandalan negara Palestina... dan terutama pada keamanan secara keseluruhan,” katanya.

“Kami juga sangat prihatin,” katanya, berdiri bersama rekan Senator Republik Lindsey Graham. (AFP/Ant/forward.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home