Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:54 WIB | Rabu, 20 April 2016

Menlu: Eropa Punya Harapan Besar pada Indonesia

Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi. (Foto: Dok. satuharapan.com/Martahan Lumban Gaol)

LONDON, SATUHARAPAN.COM – Eropa berharap Indonesia dapat terus meningkatkan peran dan kontribusi dalam upaya pemberantasan paham ekstrem, radikal, dan teroris. Eropa melihat, Indonesia adalah negara yang berhasil mengembangkan kehidupan demokratis dan penuh toleransi, di tengah masyarakat yang mayoritas beragama Islam dan majemuk.

“Perdana Menteri Inggris, David Cameron, memuji Indonesia dalam memberantas terorisme dan ekstremisme, karena karakteristiknya yang sangat khas, dimana sebagai negara muslim yang paling besar tetapi pada saat yang sama Indonesia adalah negara demokratis, dan juga negara yang plural dan toleransi.,” kata Menteri Luar Negeri, Retno Lestari Priansari Marsudi, usai menemani Presiden Joko Widodo bertemu Perdana Menteri Inggris di Downing Street Number 10, Kota London, Inggris, hari Selasa (19/4) siang waktu setempat.

Selain itu, menurutnya, Eropa juga kagum dengan kemampuan Indonesia menjaga stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata dunia di tengah kemajemukan masyarakatnya. Kata Retno, hal tersebut menjadikan Indonesia sebagai sebuah laboratorium hidup bagi negara lain.

Bahkan, negara lain menilai ini sebagai aset yang sulit ditemukan dari negara selain Indonesia.

“Jadi kita akan meningkatkan peran kita di dalam upaya dunia memerangi paham ekstrem, radikali, dan terroris,” ujarnya. (setkab.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home