Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:11 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

Menlu Liga Arab akan Gelar KTT Pascabentrokan di Yerusalem

Ilustrasi KTT Liga Arab. (Foto: AP)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM – Menteri luar negeri Liga Arab akan bertemu di Kairo awal bulan depan untuk membahas bentrokan yang melibatkan polisi Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, seorang pejabat senior Palestina, Senin (27/7).

Insiden hari Minggu (26/7) polisi Israel memasuki masjid, salah satu situs suci Islam, karena mereka bentrok dengan warga Palestina yang geram atas pemberian akses masuk ke kompleks masjid bagi warga Yahudi untuk menunaikan ibadah tahunan.

Kepala Negosiator Palestina Saeb Erakat mengatakan kepada wartawan bahwa menteri luar negeri dari 15 negara-negara Arab akan bertemu pada tanggal 5 Agustus untuk membahas apa yang disebut "perkembangan berbahaya" di Yerusalem.

Mereka akan membahas "eskalasi Israel di Al-Aqsa, pembangunan pemukiman Yahudi, penangkapan semena-mena dan pembunuhan dan pemindahan paksa," warga Palestina, kata dia setelah bertemu ketua liga Nabil Al-Arabi di kantor pusat di Kairo.

Erakat mengatakan pertemuan itu dilakukan atas perintah Presiden Palestina Mahmud Abbas.

Sebanyak 15 menteri mewakili negara-negara Arab terlibat dalam 2002 Arab Inisiatif Perdamaian yang menyerukan penarikan mundur Israel dari wilayah Palestina dalam pertukaran untuk normalisasi penuh hubungan dengan dunia Arab.

Pembicaraan damai Israel-Palestina telah koma sejak upaya diplomatik US gagal pada bulan April tahun lalu, dan perang di Jalur Gaza musim panas lalu menewaskan sekitar 2.200 warga Palestina.

Pertemuan ini juga akan membahas upaya rekonsiliasi Palestina dan upaya Arab baru untuk mengakhiri pendudukan Israel melalui PBB, kata Erakat. (al-arabiya.net)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home