Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 13:47 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

200 Juta Umat Kristen Alami Diskriminasi

umat Kristen sedang diperiksa dengan detektor logam di luar gereja Our Lady of Consolation, di Garissa, Kenya (Foto: Ben Curtis/AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM -  Umat Kristen menghadapi semakin banyak penganiayaan di seluruh dunia, terutama didorong oleh ekstremisme Islam dan pemerintahan yang represif, sampai-sampai mendorong Paus Fransiskus memperingatkan adanya sejenis genosida pembersihan reliji-etnik.

Skala serangan terhadap umat Kristen di Timur Tengah, sub-Sahara Afrika, Asia dan Amerika Latin telah mengkhawatirkan organisasi yang bertugas memantau penganiayaan agama. Mereka melaporkan pemburukan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pada perjalanan baru-baru ini ke Amerika Latin, sebagaimana dilaporkan oleh The Guardian dalam tulisan berjudul Dying for Christianity: millions at risk amid rise in persecution across the globe, Paus Fransiskus mengatakan ia kecewa "melihat bagaimana di Timur Tengah dan tempat lain di dunia banyak saudara-saudara kita yang dianiaya, disiksa dan dibunuh karena iman mereka kepada Yesus".

Dia melanjutkan: "Dalam perang dunia ketiga ini, yang dilancarkan sedikit demi sedikit dan  kita sekarang mengalami, bentuk genosida berlangsung, dan itu harus diakhiri."

David Alton, seorang aktivis kebebasan beragama, mengungkapkan bahwa "beberapa penilaian mengklaim bahwa sebanyak 200 juta orang Kristen di lebih dari 60 negara di seluruh dunia menghadapi beberapa derajat pembatasan, diskriminasi atau penindasan langsung". Itu berarti sekitar satu dari 10 dari 2,2 miliar orang Kristen di dunia.

Pada Paskah lalu, Uskup Agung Canterbury, Justin Welby, pemimpin Gereja Anglikan, berbicara tentang para martir Kristen. Dia mengatakan umat Kristen hidup di bawah penindasan di hampir setengah dari 38 provinsi di seluruh dunia Anglikan.

"Mereka takut akan hidup mereka setiap hari."

Menurut Alton, "apapun angka yang sebenarnya, skalanya sangat besar. Dari Suriah, Irak, Iran dan Mesir ke Korea Utara, Tiongkok, Vietnam dan Laos, dari India, Pakistan, Bangladesh dan Sri Lanka ke Indonesia, Malaysia, Burma, dari Kuba, Kolombia dan Meksiko ke Eritrea, Nigeria dan Sudan, Kristen menghadapi pelanggaran serius kebebasan beragama."

Penganiayaan itu berkisar dari pembunuhan, pemerkosaan dan penyiksaan terhadap hukum represif, diskriminasi dan pengucilan sosial. Salah satu konsekuensinya adalah "bentuk pembersihan religio-etnis  komunitas Kristen", kata John Pontifex dari Aid to the Church in Need (ACN), sebuah kelompok kampanye Katolik yang memonitor penganiayaan.

"Penganiayaan terhadap orang Kristen mencapai tingkat yang kita sudah tidak melihat selama bertahun-tahun dan dampak utama adalah migrasi orang Kristen. Ada petak besar dari dunia yang sekarang mengalami penurunan yang sangat tajam dalam jumlah orang Kristen," kata Pontifex.

Dalam 15 bulan terakhir, sejumlah serangan mengerikan telah  menargetkan umat Kristen oleh ekstremis Islam di Timur Tengah dan Afrika. Mereka termasuk:

• penculikan lebih dari 270 siswi Nigeria;

• pemenggalan 21 Mesir Kristen Koptik di Libya, dan serangan lainnya oleh gerilyawan ISIS di Irak dan Suriah;

• pembunuhan 147 orang di kampus universitas di Garissa, Kenya utara.

Selain itu, wanita hamil, Meriam Ibrahim, dihukum mati di Sudan atas tuduhan murtad, yang telah memicu protes di seluruh dunia. Dia kemudian diizinkan untuk meninggalkan negara itu.

Tapi kelompok pemantau mengatakan penganiayaan terhadap orang Kristen jauh melampaui kasus-kasus high-profile. Menurut Pew Research Center, umat Kristen menghadapi pelecehan di 102 negara - lebih dari agama lainnya.

Lembaga penasihat pemerintah AS, US Commission on International Religious Freedom (USCIRF), tahun ini merekomendasikan  delapan negara - Republik Afrika Tengah, Mesir, Irak, Nigeria, Pakistan, Suriah, Tajikistan dan Vietnam - untuk ditambahkan ke daftar sembilan "negara yang memerlukan perhatian khusus".

Laporan tentang kebebasaran beraga dunia 2014 yang dibuat oleh ACN  mengatakan kondisi kebebasan beragama memburuk di 55 negara, dan secara signifikan di enam negara: Irak, Libya, Nigeria, Pakistan, Sudan dan Suriah. Meskipun Muslim "juga menghadapi penganiayaan mengerikan dan sistematis ... dan komunitas Yahudi juga menderita akibat meningkatnya ancaman dan kekerasan", umat Kristen sejauh ini merupakan kelompok iman yang paling dianiaya, kata laporan itu.

Open Doors, sebuah organisasi global pemantauan penganiayaan Kristen, memperkirakan bahwa 4.344 orang Kristen dibunuh karena alasan yang terkait dengan iman dalam 12 bulan sampai dengan November 2014, dan 1.062 gereja diserang. Dikatakan penganiayaan meningkat di 24 negara tahun lalu, dengan Kenya, Sudan, Eritrea dan Nigeria masuk 10 besar klasemen liga negara-oleh-negara tersebut.

Korea Utara telah memimpin daftar dalam 13 tahun terakhir; sampai dengan 70.000 orang Kristen dikurung di gulag, dengan "puluhan ribu orang diusir, ditangkap, disiksa dan / atau dibunuh", lapor ACN.

Secara umum, penganiayaan terhadap orang Kristen meningkat, "dan tingkat kenaikan semakin cepat", kata Lisa Pearce, chief executive dari Open Doors Inggris dan Irlandia. Sifat penganiayaan juga berubah, ia menambahkan. "Dulu penganiayaan itu berupa beberapa tahun di kamp kerja paksa. Sekarang itu berarti menonton orang yang Anda cintai dipenggal. "

Munculnya ekstremisme Islam mendorong banyak peningkatan penganiayaan Kristen. Menurut laporan USCIRF, salah satu tantangan utama abad ke-21 untuk kebebasan beragama adalah tindakan aktor-aktor non-negara di negara-negara gagal. Mereka mengacu kepada ISIS, Boko Haram dan al-Shabaab.

Lee Marsden, profesor hubungan internasional, yang mengkhususkan diri dalam agama dan keamanan, di University of East Anglia, mengatakan runtuhnya rezim otoriter di Timur Tengah selama musim semi Arab adalah faktor yang signifikan. "Musim semi Arab dibajak oleh Islamis, yang juga menjadi berita buruk bagi agama minoritas. "


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home