Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:44 WIB | Kamis, 24 Oktober 2013

Menpora: Sumpah Pemuda Momentum Kesantunan Bangsa

Menpora, Roy Suryo saat konferensi pers Hari Sumpah Pemuda di Gedung Sumpah Pemuda, Jl. Kramat Raya, Jakarta, (22/10) (Foto: kemenpora.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Generasi muda Indonesia harus meyakinkan dunia bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang santun, di tengah kemerosotan nilai dan moral di sekitar kita. Pesan ini merupakan salah satu bagian dari kata sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo, Rabu (23/10).

Roy Suryo menyampaikan pesan ini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-85 yang jatuh pada Senin (28/10).

Roy dalam sambutan tertulis menjelaskan tentang tema Sumpah Pemuda tahun ini yakni Dengan Sumpah Pemuda, Kita Wujudkan Pemuda Yang Santun, Cerdas, Inspiratif, Dan Berprestasi.

“Tema sumpah pemuda tahun mengajak kita semua, pemuda Indonesia khususnya, agar meyakinkan dunia bahwa kita adalah generasi pemuda yang tetap memelihara kesantunannya di tengah berbagai perubahan nilai moral dan sosial dunia,” kata Roy.

Roy mengatakan pemuda Indonesia saat ini setiap hari harus senantiasa mempertahankan jati diri sebagai pemuda cerdas.

“Pemuda Indonesia tetap mempertahankan dirinya sebagai pemuda yang cerdas di tengah berbagai pendangkalan rasa simpatik dan empatik, serta perlawanan terhadap sikap-sikap pragmatis,” lanjut Roy.

Tahan Uji

Roy juga menghimbau pemuda Indonesia senantiasa tahan uji terhadap godaan untuk malas berprestasi, dan saat ini perlu untuk mengembangkan diri.

“Pemuda Indonesia tetap berusaha sebagai pemuda yang inspiratif, dan dalam berbagai kondisi tersebut, berusaha dan bekerja keras untuk selalu berprestasi,” kata mantan anggota Fraksi Demokrat DPR-RI tersebut.

Saat ini pihaknya beserta Kemenpora telah mengupayakan kemandirian bagi kelompok usia muda produktif agar berguna bagi masa depan.

“Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mencanangkan dan mengupayakan gerakan kemandirian dalam berwirausaha, gerakan pemantapan nasionalisme dan identitas kebangsaan,” lanjut Roy.

Kemenpora saat ini, menurut Roy, senantiasa membangun identitas kebangsaan dan memberikan apresiasi kepada pemuda berprestasi, sehingga pemuda memiliki kesempatan untuk mengembangkan masa depan dan karakter.

Roy Suryo mengatakan saat ini pihaknya mengharapkan partisipasi aktif pemuda Indonesia dalam pembangunan sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Kepemudaan.

Undang-Undang tersebut sangat berarti karena diharapkan menjadi “aturan main bersama” dalam peri kehidupan berpolitik, bersosial, berekonomi, dan berbudaya, dan sebagai bagian dari satu landasan hukum dan etik dalam kehidupan berbangsa. (kemenpora.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home