Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 08:56 WIB | Senin, 15 Juni 2015

Menteri ATR Dorong Masyarakat Urus Surat Tanah

Ilustrasi. (Foto: satuharapan.com)

SIDOARJO, SATUHARAPAN.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Ferry Mursyidan Baldan mendorong masyarakat untuk segera mengurus surat tanah menyusul banyaknya layanan yang diberikan oleh BPN.

"Saat ini banyak sekali program yang diberikan oleh BPN, untuk membantu masyarakat memudahkan mengurus surat-surat tanah yang sedang mereka tempati," kata Menteri Agraria saat Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Nasional 215, di halaman Gedung Olahraga Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (14/6).

Ia mengemukakan, saat ini di kantor BPN sudah ada layanan akhir pekan, dan pada saat akhir pekan masyarakat bisa menggunakan jasa layanan tersebut untuk mengurus surat tanah mereka.

"Kondisi ini menggambarkan jika BPN itu bekerja tujuh hari dalam sepekan sehingga masyarakat paling tidak bisa menyerahkan berkas, pengambilan berkas, atau mendapatkan informasi tentang kepengurusan surat tanah," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya juga mendorong kepada instansi di bawahnya, untuk senantiasa mengikuti pameran yang diselenggarakan di wilayah masing-masing untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

"Dengan demikian, masyarakat tidak perlu canggung lagi mengurus surat tanah mereka dengan harapan tanah yang mereka tempati tersebut memiliki sertifikat jelas," katanya.

Selain layanan akhir pekan, saat ini juga sudah ada layanan tujuh menit untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

"Selain itu juga ada layanan delivery service, petugas akan mendatangi warga yang sedang mengurus surat-surat tanah," katanya.

Pihaknya juga membebaskan biaya pajak kepada warga yang mengurus pertama kali. Tujuannya, supaya warga yang baru pertama mengurus tersebut tidak takut.

"Selama ini yang ada di benak warga adalah adanya kesulitan dalam mengurus berkas dan juga bayang-bayang biaya yang mahal. Oleh karena itu, dengan layanan ini masyarakat tidak perlu ragu lagi ketika pertama kali datang ke kantor BPN," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home