Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 20:39 WIB | Selasa, 20 Januari 2015

Menteri ESDM Ancam Stop Ekspor Freeport

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said kecewa PT. Freeport Indonesia tidak serius akan ada rencana membangun pabrik pengolahan dan pemurnian hasil tambang (smelter).

“Saya kecewa karena sampai saat ini tidak ada kesungguhan. Kalau sampai 25 Januari ini belum ada progress smelter, maka izin ekspor Freeport akan dibekukan,” kata Sudirman di Gedung Utama Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jl. Rasuna Said Blok X2 Kavling 7-8, Selasa (20/1), Jakarta Selatan beberap saat setelah bertemu dengan 23 konsorsium pengembang listrik swasta.

Pemerintah mengancam akan menghentikan ekspor konsentrat tembaga PT Freeport Indonesia menyusul belum adanya kemajuan dalam pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian dari perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

Menurut dia, berdasarkan laporan, sampai sekarang ini Freeport belum mendapat kepastian lahan untuk membangun smelter.

Sudirman mengatakan, pemerintah tidak akan tawar-menawar soal kewajiban pembangunan smelter. Mantan bos PT. Pindad (Persero) ini berharap Freeport segera mencari solusi agar memenuhi syarat pembangunan smelter supaya izin ekspor tidak dihentikan.

Ia juga menambahkan, pemerintah menginginkan bagian negara dari Freeport lebih besar dari saat ini sebesar 40 persen. "Keinginan ini sesuatu yang fair, karena kita sebagai pemilik lahan dan tambang. Kami ingin proporsi yang lebih seimbang," ujarnya.

Freeport mendapat izin ekspor konsentrat tembaga sejak Juli 2014 hingga berakhir 25 Januari 2015. Kuota ekspor selama enam bulan itu mencapai 756.300 ton konsentrat tembaga.

Freeport berencana membangun smelter di Gresik, Jawa Timur, berkapasitas 500.000 ton tembaga katoda per tahun dengan investasi 2,3 miliar dolar AS. (Ant).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home