Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 18:40 WIB | Rabu, 13 April 2016

Menteri ESDM: Ramadan dan Lebaran Harga BBM Tidak Naik

Sudirman Said (kemeja putih). (Foto: esdm.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan tidak akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) saat Hari Raya Idul Fitri 2016.

Hal itu disampaikan Sudirman Said saat memenuhi undangan Rapat Kerja Komisi VII DPR RI, pada hari Selasa (12/4) dengan agenda pembahasan perkembangan Blok Masela dan Mahakam, serta harga BBM.

Sudirman Said menjelaskan, adanya selisih antara harga BBM sekarang dengan harga keekonomisan dapat dijadikan sebagai dana bantalan apabila suatu ketika harga BBM akan mengalami kenaikan. Apalagi saat ini tren harga minyak BBM yang terus berfluktuatif dan diperkirakan di Bulan Juni dan Juli, harga minyak dunia akan mengalami kenaikan.

"Dengan hitungan yang sekarang, kita punya harapan menghadapi lebaran tidak ada kenaikan BBM dan itu sangat membantu masyarakat luas. Diperkirakan harganya bertahan sampai akhir September, syukur-syukur hingga akhir tahun" ungkap Menteri ESDM dihadapan anggota dewan Komisi VII DPR RI.

Pemerintah pada tanggal 1 April menetapkan Harga Jual Eceran (HJE) Premium seharga Rp 6.450/liter yang sebelumnya HJE ditetapkan di harga Rp 6.950/liter. Sementara menurut HJE perhitungan atau yang lebih dikenal dengan harga keekonomisan bahwa harga premium sebesar Rp 5.700/liter. Sehingga dari perhitungan penetapan HJE sebenarnya ada selisih antara harga penetapan dengan harga keekonomisan sebesar Rp 500/liter.

Namun yang terjadi selama ini, apabila terjadi penurunan harga BBM serta merta tidak diikuti juga oleh penurunan ongkos angkut atau harga-harga barang kebutuhan pokok. Tetapi sebaliknya jika harga BBM naik sedikit, maka harga akan naik.

Keadaan seperti ini, sangat merugikan khususnya bagi masyarakat golongan bawah dan ini juga sebagai alasan kenapa pemerintah tidak menetapkan harga BBM sesuai harga keekonomisan.

"Karena itu kita akan melindungi masyarakat paling bawah agar tidak terpengaruh naik turunnya harga BBM" kata Sudirman Said. (esdm.go.id)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home