Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:58 WIB | Senin, 28 Maret 2016

Harga BBM Turun, Ahok Sindir Organda

Ilustrasi angkutan darat yang sedang menunggu penumpang di Terminal Kampung Melayu. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menyindir Organisasi Angkutan Darat (Organda) yang terkesan tidak melakukan apa-apa ketika harga bahan bakar minyak (BBM) turun.

“Tanyakan pada Organda, itu ayahnya mereka (supir). Sopir naikkan dong gajinya, mana pernah ada? Enggak usah memperalat sopir-sopir,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Senin (28/3).

Menurutnya, penurunan harga BBM yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat juga harus disesuaikan oleh Organda dengan menurunkan tarif angkutan umum atau meningkatkan gaji sopir-sopirnya. Namun, hal tersebut tak pernah dilakukan oleh pihak Organda.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, memastikan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) pada bulan April 2016 untuk menjaga kestabilan harga.

Menurut dia, penurunan harga BBM sangat kecil pengaruhnya terhadap penurunan harga-harga kebutuhan pokok dan lainnya.

“Tapi sebagai patokan atau prinsip nomor satu, kita ingin menjaga kestabilan harga. Artinya tidak ingin ada naik turun yang berlebihan. Karena harus diingat selalu, lihatlah seluruh studi apakah penurunan BBM itu serta-merta menurunkan harga-harga? Itu sedikit sekali impact-nya,” kata Sudirman Said di Aula Samaun Samadikun, Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, hari Senin (28/3).

“Sementara kenaikan (harga BBM) sedikit saja, itu harga (lainnya ikut) naik. Siapa yang paling terkena karena harga naik? Masyarakat paling bawah,” kata dia menambahkan.

Sudirman mengatakan pengumuman penyesuaian harga BBM akan disampaikan oleh Direktur Jenderal Minyak Bumi dan Gas I Gusti Nyoman Wiratmadja Puja, menunggu penyusunan formulasi harga yang tepat.

“BBM sedikit lagi diumumin kali ya (oleh) Pak Wirat nanti. Kita masih mencari formula yang bisa dijaga cukup panjang,” kata dia.

Menteri ESDM berharap penyesuaian harga BBM pada bulan April dapat menjaga kestabilan harga hingga menjelang puasa, lebaran, dan liburan pada bulan Juni dan Juli mendatang.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home