Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:21 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

Pemerintah Klaim Harga BBM RI Termurah Ketiga di ASEAN

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung. (Foto: Dok. satuharapan.com/Martahan Lumban Gaol)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah mengklaim harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia termurah ketiga di antara 10 negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan nomor 16 dari 173 negara di dunia.

Seusai Rapat Kabinet Terbatas (Ratas) BBM kemarin, hari Rabu (30/3), Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan mengenai harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia yang banyak dipersepsikan masyarakat masih mahal.

Menurut dia, banyak persepsi yang mengatakan bahwa harga premium dan solar di Indonesia termasuk mahal dan harga menengah. Sebagai perbandingan, Pramono menyebutkan bahwa Malaysia adalah negara yang memiliki harga premium dan solar lebih murah dibandingkan di tanah air. Sedangkan untuk harga solar di Vietnam dan Filipina lebih mahal dibandingkan di Indonesia.

“Kebijakan ini untuk menjaga kondisi fundamental agar harga tetap rendah, inflasi terjaga, apalagi kita akan hadapi bulan puasa dan lebaran. Untuk itu perlu langkah-langkah yang diatur pemerintah termasuk  harga BBM,” kata Pramono di Jakarta, hari Rabu (30/3).

Seperti dikutip dari esdm.go.id, berikut harga jual eceran bahan bakar minyak (BBM) di negara-negara ASEAN terhitung tanggal 14 Maret 2016, di mana harga jual minyak solar di Malaysia sebesar Rp 4.293 lebih murah sedikit dibandingkan di Indonesia. Selanjutnya Vietnam Rp 5.720 per liter, Filipina Rp 6.500, Thailand Rp 8.281, Kamboja Rp 8.580, Singapura Rp 9.280 dan Laos Rp 11.050 per liter.

Sementara untuk harga premium termurah ditempati, Oman dengan harga Rp 2.586 per liter, kemudian Qatar Rp 3.850, Uni Emirat Arab Rp 4.583, Malaysia Rp 5.090 dan Amerika Serikat Rp 5.541 per liter. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home