Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 16:16 WIB | Selasa, 28 Oktober 2014

Menteri Sosial: Penyaluran Bantuan Lewat Satu Pintu

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa memberikan keterangan kepada wartawan seusai serah terima jabatan pada Selasa (28/10). (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa pada Selasa (28/10) mengatakan bantuan sosial selanjutnya akan disalurkan lewat satu pintu. Hal ini disampaikannya seusai acara serah-terima jabatan dengan Menteri Sosial periode 2009-2014 Salim Segaf Al Jufri.

"Arahan Presiden kemarin bansos (bantuan sosial) di satu pintu, tapi belum ditunjuk pintu mana," ujarnya.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, program bantuan sosial seharusnya tidak tersebar di 19 kementerian/lembaga seperti sekarang supaya pelaksanaannya lebih mudah diawasi.

Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah mengusulkan agar bantuan sosial hanya satu pintu, yaitu melalui Kementerian Sosial.

Terkait kesiapan Kementerian Sosial menyalurkan bantuan sosial, Khofifah menjelaskan sistem pelayanan di Kementerian Sosial sudah terintegrasi.

"Semua ada di sini, ada Dirjen Rehabilitasi Sosial, Dirjen Pemberdayan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan serta Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial," katanya.

"Namun, tergantung jika nanti bantuan sosial fokus ke bidang tertentu seperti kesehatan, pendidikan sudah ada leading sector masing-masing," Khofifah menambahkan. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home