Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 07:55 WIB | Kamis, 27 Oktober 2016

Menu Sandera Somalia Bertahan Hidup: Tikus dan Lipan

Beberapa sandera Somalia asal Tiongkok yang baru dibebaskan. (Foto: AP)

TAIPEI, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah sandera terpaksa harus makan tikus, kalajengking dan lipan untuk bertahan hidup selama lima tahun disekap oleh bajak laut Somalia, menurut seorang pelaut Taiwan yang pulang pada Rabu (26/10).

Shen Jui-chang, salah satu dari 26 sandera yang dibebaskan dari kru Naham 3 yang ditangkap di selatan Seychelles pada Maret 2012, menambahkan bahwa dia selalu diancam dengan todongan senjata selama disekap.

Shen, kepala teknisi di kapal nelayan tersebut, kembali bertemu istri dan putrinya pada Selasa di Guangzhou, Tiongkok selatan, setelah penerbangan panjang dari Kenya bersama awak Tiongkok setelah mereka dibebaskan pada Minggu (23/10).

Shen tiba di bandara utama Taipei pada Rabu (26/10) siang dan mengatakan “kondisi kesehatan fisiknya sangat buruk.”

“Setiap hari rasanya menegangkan, dengan bajak laut menodongkan senapan AK-47 selama 24 jam,” katanya kepada para reporter.

Shen sebelumnya mengatakan kepada reporter bahwa para sandera hanya diberi sedikit makanan saat disekap selama empat setengah tahun tersebut, dan kadang-kadang tidak diberi minum.

Dia dan pelaut lainnya sering menangkap dan makan tikus, kalajengking dan lipan, menurut beberapa laporan media Taiwan.

Para awak kapal itu, yang mencakup pelaut dari Indonesia, Filipina, Vietnam dan Kamboja, disandera di puncak pembajakan Somalia. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home