Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:05 WIB | Senin, 14 September 2015

Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling

Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling
Salah satu anak saat asyik membaca buku kisah tentang Harimau di lokasi perpustakaan keliling yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam wisata Balai Kota hari Minggu (13/9). Sebanyak dua unit armada perpustakaan keliling disediakan dalam wisata Balai Kota sebagai wujud upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menumbukan minat baca bagi anak-anak dan masyarakat (Foto-foto: Dedy Istanto).
Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling
Anak-anak saat asyik memilih judul buku anak yang disediakan oleh Perpustakaan Keliling yang berada di kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat sebagai wujud pelayanan menumbuhkan minat baca bagi anak sejak dini.
Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling
Seorang anak menghadap kamera saat serius membaca di lokasi Perpustakaan Keliling yang disediakan dalam wisata Balai Kota setiap akhir pekan.
Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling
Para orang tua saat mendampingi putra dan putrinya di Perpustakaan Keliling yang disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya menumbuhkan minat baca bagi anak sejak dini.
Menumbuhkan Minat Baca melalui Perpustakaan Keliling
Armada Perpustakaan Keliling yang berada di halaman kantor Balai Kota Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam wisata Balai Kota yang diadakan setiap akhir pekan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Menumbuhkan minat baca sejak dini pada anak adalah tugas bersama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satunya dengan memperbanyak program perpustakaan keliling bagi anak-anak sebagai upaya memberikan ruang belajar yang menyenangkan.

Perpustakaan keliling merupakan sebuah kendaraan roda empat yang didesain khusus terdiri dari rak-rak untuk menempatkan buku. Selain sebagai upaya mewujudkan minat baca bagi masyarakat, perpustakaan keliling dibuat atas keprihatinan, karena menurunnya jumlah masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan.

Sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pada Pasal 4 menyatakan bahwa tujuan dan fungsi perpustakaan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selain itu pada Pasal 7 butir C menyatakan Pemerintah menjamin kesediaan layanan perpustakaan secara merata di Indonesia dan pada Pasal 5 dinyatakan masyarakat berkak memperoleh layanan dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui program Wisata Balai Kota memberikan layanan menumbuhkan minat baca bagi masyarakat dengan menyediakan perpustakaan keliling di halaman kantor Gubernur DKI Jakarta pada hari Minggu (13/9).

Dua unit armada perpustakaan keliling disambut baik oleh anak-anak serta masyarakat. Hal itu terlihat saat para orang tua mengajak anaknya menuju perpustakaan keliling yang berisi ribuan judul buku anak-anak.

Berikut suasana perpustakaan keliling yang disediakan setiap akhir pekan dalam wisata Balai Kota yang pada hari Sabtu (12/9) diresmikan secara langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home