Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:44 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Messi dan Ronaldo Tidak Saling Memilih

Messi dan Ronaldo saat menghadiri Press Conference sesaat sebelum malam penganugerahan FIFA Baloon d Or 2013. (Foto; thesportsview.co.uk)

ZURICH, SATUHARAPAN.COM – Messi boleh saja berkata tidak keberatan bila Ronaldo yang meraih penghargaan FIFA Ballon d’Or tahun ini atau Ronaldo berkata bahwa ia tidak masalah bila Messi memenangi penghargaan ini untuk kelima kalinya berturut-turut. Namun fakta berkata lain, usai hasil voting dari kapten dan pelatih seluruh negara anggota FIFA, serta jurnalis-jurnalis berwenang dirilis oleh FIFA, Messi dan Ronaldo didapati tidak saling memilih satu dengan lainnya.

Pemenang FIFA Ballon d’Or ditentukan melalui hasil voting yang dilakukan oleh kapten dan pelatih tim nasional negara anggota FIFA, serta jurnalis dari media-media yang telah diberikan kewenangan oleh FIFA.

Setiap kapten dan pelatih tim nasional diberikan kewenangan untuk memilih tiga dari 23 nama yang telah disiapkan oleh FIFA. Setiap pilihan akan memberikan tambahan poin pada pemain yang dipilih, pilihan pertama akan mendapatkan lima poin, pilihan kedua tiga poin dan pilihan ketiga akan mendapat satu poin.

Sebagai kapten tim nasional Argentina, Messi mendapat kewenangan tersebut. Tiga pemain Barcelona yakni Iniesta, Xavi, dan Neymar menjadi pilihan Messi untuk meraih Ballon d’Or 2013

Sedangkan Ronaldo sebagai kapten tim nasional Portugal menjatuhkan pilihan pertamanya pada rekan seagennya, Radamel Falcao. Ronaldo dan Falcao sama-sama berada dibawah naungan agen Jorge Mendes. Selanjutnya Ronaldo menjatuhkan pilihan keduanya pada Gareth Bale, dan pilihan ketiga pada pemain Arsenal yang musim lalu menjadi rekan setimnya di Real Madrid, Mesut Oezil.

Hal ini menegaskan bahwa adanya aroma persaingan diantara Messi dan Ronaldo, mereka ingin mengungguli satu dengan yang lainnya.

Bagi Ronaldo dengan tidak memilih Messi diharapkan poin yang ia miliki lebih banyak dibandingkan dengan Messi, demikian halnya dengan Messi yang berharap demikian juga. Mereka ingin menjadikan gelar FIFA Ballon d'Or 2013 menjadi milik mereka baik itu untuk kedua kalinya ataupun untuk kelima kalinya berturut-turut.

Indonesia yang merupakan anggota FIFA tidak ketinggalan berpartisipasi dalam voting ini. Sebagai kapten Boaz Salossa menjadi wakil dalam voting ini. Ia memilih Lionel Messi, Robin van Persie dan Cristiano Ronaldo sebagai peraih Ballon d’Or 2013. (FIFA.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home