Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben E. Siadari 09:26 WIB | Jumat, 08 Juli 2016

Miliarder Israel Sebut RI Surga Investasi Pasca Brexit

Haim Saban (Foto: nocamels.com)

IDAHO, SATUHARAPAN.COM - Salah seorang miliarder top Israel yang dikenal sebagai taipan media, Haim Saban, menilai Indonesia akan menjadi 'surga' bagi investor pasca keputusan Brexit Inggris.

Tanpa diduganya, Brexit telah memberi keuntungan kepadanya, lewat kenaikan harga saham perusahaan-perusahaan Indonesia yang dipegangnya.

Keberuntungan itu makin berganda setelah DPR meloloskan RUU Perlindungan Pajak menjadi undang-undang bulan ini. Diperkirakan dana dari luar negeri akan masuk lewat repatriasi yang memicu optimisme terhadap Indonesia. Apalagi dampak Brexit terhadap perekonomian Indonesia juga dinilai kecil sejauh ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah meningkat cukup meyakinkan menyebabkan Bursa Efek Indonesia menjadi salah satu bursa dengan kinerja terbaik di antara bursa utama Asia selama bulan Juni.

Saban termasuk yang diuntungkan. Ia menanamkan uangnya di beberapa saham perusahaan Indonesia. Antara lain di perusahaan pengelola stasiun televisi PT Nusantara Citra dan PT MNC Sky Vision. Selain itu  investasinya ada di seluruh dunia, termasuk pada televisi AS berbahasa Spanyol  Univision Communications Inc, yang memiliki hak siar serial televisi anak-anak yang sangat populer, Power Rangers.

Dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg pada konferensi Allen & Co di Sun Valley, Idaho, ia bahkan tampak terkejut dengan nasib baiknya. "Untuk beberapa alasan aneh Brexit telah menguntungkan kami," kata dia, dikutip dari Bloomberg.

"Saham yang kami pegang di Indonesia semua naik."

Saban memang  tidak sendirian dalam mempertaruhkan uangnya  pada saham media di Indonesia. Alan Richardson dari Samsung Asset Management Ltd mengatakan dalam sebuah wawancara awal tahun ini bahwa ia bertaruh pada belanja iklan TV yang lebih tinggi oleh perusahaan barang konsumsi kelas atas.

Peruntungan dari Power Rangers

Saban, 71, memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 3,6 miliar menurut Bloomberg Billionaires Index, naik 7,9 persen tahun ini. Dia memulai kariernya di industri musik dan kemudian beralih ke televisi. Jauh sebelum karakter buku komik menjadi ikon dunia hiburan, ia memproduksi pertunjukan berdasarkan karakter seperti X-Men. Tapi dampak terbesar Saban Entertainment pada budaya populer adalah yang dihasilkan oleh  Mighty Morphin Power Rangers, serial untuk anak-anak tentang sekelompok pilot robot yang menjadi fenomena di tahun 1990-an.

Power Rangers mendapatkan inkarnasi baru dalam sebuah film oleh Lions Gate Entertainment Corp tahun depan, waralaba baru yang potensial untuk studio setelah The Hunger Games dan Twilight.

" Power Rangers telah mengudara di dunia Barat, termasuk AS dan Eropa, selama 23 tahun," kata Saban.
 
Univision, televisi berbahasa Spanyol terbesar di AS, akan melakukan penawaran perdana pada semester kedua 2016 untuk menangguk dana sebanyak US$ 1 miliar, menurut sumber yang dekat dengan perusahaan itu. Univision pertama kali mengumumkan rencana untuk go public tahun lalu pada kondisi  nilai pasarnya melebihi US$ 6,5 miliar untuk penawaran. Hasilnya dipergunakan akan membayar utang dan biaya lainnya.

Jaringan ini diambil alih pada tahun 2007 dengan nilai US$ 12,3 miliar oleh sekelompok investor yang dipimpin oleh Saban Capital Group, bersama perusahaan penyiaran Meksiko, Grupo Televisa SAB. Mereka kemudian menjadi partner.

Sebagai catatan, Saban adalah pendukung Hillary Clonton yang vokal. "Dia merupakan kandidat yang paling layak, kandidat terbaik, kami sudah berteman secara pribadi selama 25 tahun. Dia wanita yang hebat, dan saya kira dia akan menjadi pemimpin yang hebat bagi AS."

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home