Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 14:39 WIB | Selasa, 28 Juli 2015

Militer Chad Terlibat Pertempuran Sengit Lawan Boko Haram

Sebuah gambar dari video Boko Haram yang diperoleh AFP menunjukkan pejuang Boko Haram memamerkan kendaraan tank di sebuah kota tak dikenal. (Foto: AFP)

N’DJAMENA, SATUHARAPAN.COM – Pertempuran sengit tentara Chad, pada hari Senin (27/7), melawan pemberontak dari kelompok Boko Haram Nigeria berbasis di pulau-pulau di Danau Chad, kata dewan keamanan dan sumber-sumber lokal.

"Bentrokan kekerasan" berada di bawah jalan dekat Baga Sola, salah satu kota Chad utama di danau yang melintasi Chad, Kamerun, Nigeria dan Niger, kata sumber keamanan Chad kepada AFP, dan menambahkan bahwa pasukan Chad sebelumnya "mencegat pasukan Boko Haram yang melarikan diri" sekitar 20 kilometer (12 mil) tenggara.

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah setempat mengatakan "operasi pencarian besar-besaran" sedang berlangsung untuk militan Boko Haram yang bersembunyi di pulau-pulau danau.

Menurut pejabat keamanan, bentrokan antara militan dan pasukan Chad meletus pada hari Sabtu (25/7) di Pulau Midi Koutou, meninggalkan enam pejuang Boko Haram tewas dan 15 luka-luka. Seorang tentara Chad juga dikabarkan tewas.

Sumber itu mengatakan Boko Haram "menculik banyak wanita dan anak-anak" karena mereka melarikan diri dari pertempuran pada hari Sabtu, dan menambahkan pasukan Chad memiliki "sekitar seribu orang yang siap untuk menempati semua pulau dan menetralisir Boko Haram."

Sebuah sumber yang dekat dengan pemerintah setempat mengatakan, operasi diluncurkan "untuk mengevakuasi penduduk yang berada di pulau-pulau", dan bahwa sekitar 90 persen dari penduduk telah pindah ke daratan, setelah permintaan diajukan ke pemerintah pusat sekitar dua minggu lalu.

Pejuang Boko Haram telah menggelar beberapa serangan berdarah dalam beberapa bulan terakhir di pulau-pulau di Danau Chad, dan mereka mulai menggunakan jalan belakang setelah posko mereka yang merupakan benteng tradisional di Nigeria diserbu oleh tentara Nigeria pada awal tahun ini. (france24.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home