Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 15:12 WIB | Sabtu, 12 April 2014

Minggu Palma, Merayakan Kemenangan

Jemaat Gereja Siria Ortodoks merayakan Minggu Palma di Gereja Saint-Elias di Damaskus pada 28 April 2013. Jemaat Kristen Suriah ini menjadi korban paling lemah perang saudara di negaranya. (Foto: AFP)

SATUHARAPAN.COM – Minggu Palma adalah hari suci Kristen yang menandai awal Pekan Suci dan memperingati masuknya Yesus ke kota Yerusalem. Pada 2014, Minggu Palem akan dirayakan pada 13 April. Mengenang persiapan sengsara Yesus Kristus sekaligus menjadi lambang kedatangan kedamaian akan menang atas kekuasaan.

Meskipun masuknya Yesus ke Yerusalem diceritakan dalam keempat Injil kanonik, tradisi Minggu Palma yang sebagian besar didasarkan pada deskripsi dari Injil Yohanes.

... Keesokan harinya ketika orang banyak yang datang merayakan pesta mendengar bahwa Yesus sedang di tengah jalan menuju Yerusalem, mereka mengambil daun-daun palem, dan pergi menyongsong Dia sambil berseru-seru, “Hosana! Terpujilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, Raja Israel!” (Yoh. 12:12-13)

Daun palem adalah simbol dari kemenangan. Daun palem ini membawa arti ke arah simbol Kristen. Daun palem digunakan untuk menyatakan kemenangan martir atas kematian. Martir sering digambarkan dengan daun palem di antara tempat atau tambahan untuk instrumen dari kesyahidan. Kristus kerap kali menunjukkan hubungan daun palem sebagai simbol kemenangan atas dosa dan kematian. Lebih jelas lagi, hal itu diasosiasikan dengan kejayaan-Nya memasuki Yerusalem.

Daun palem memiliki warna hijau, hijau adalah warna dari tumbuh-tumbuhan dan musim semi. Oleh karena itu simbol kemenangan musim semi atas musim salju atau kehidupan di atas kematian, menjadi sebuah campuran dari kuning dan biru itu juga melambangkan amal dan registrasi dari pekerjaan jiwa yang baik.

Saat Minggu Palma, umat melambai-lambaikan daun palem sambil bernyanyi. Hal ini menyatakan keikutsertaan umat bersama Yesus dalam arak-arakan menuju Yerusalem. Ini menyatakan tujuan yang akan dicapai pada masa yang akan datang: kota Allah, di mana ada kedamaian.

Minggu Sengsara

Pada Minggu Palma, gereja tidak hanya mengenang peristiwa masuknya Yesus ke kota Yerusalem melainkan juga mengenang akan kesengsaraan Yesus. Oleh karena itu, Minggu Palma juga disebut sebagai Minggu Sengsara.

Dalam tradisi peribadatan gereja, setelah umat melakukan prosesi daun palem (melambai-lambaikan daun palem), umat akan mendengarkan pembacaan kisah-kisah sengsara Yesus yang diambil dari Injil. Memang kisah-kisah ini akan dibacakan ulang dalam liturgi Jumat Agung tetapi pemaknaannya berbeda.

Pembacaan kisah sengsara Yesus dalam liturgi Minggu Palma dimaksudkan agar umat mengerti bahwa kemuliaan Yesus bukan hanya terletak pada kejayaan-Nya memasuki Yerusalem melainkan pada peristiwa kematian-Nya di kayu salib.

Minggu Palma di Gereja Timur

Minggu Palma—disebut di Gereja Ortodoks sebagai “Masuknya TUHAN ke Yerusalem”—adalah salah satu dari Dua Belas Festival Agung dalam kalender liturgi mereka. Sehari sebelum Minggu Palma—Sabtu Lazarus—orang Kristen mempersiapkan daun palem yang dibentuk menjadi salib sebagai persiapan untuk prosesi pada Minggu. Hiasan dan jubah di gereja berubah menjadi warna meriah-emas dalam tradisi Yunani dan hijau dalam tradisi Slavia.

Festival Troparion menunjukkan kebangkitan Lazarus adalah prefiguration Kebangkitan Yesus sendiri: O Kristus Tuhan kita, Ketika Engkau telah membangkitkan Lazarus dari kematian sebelum Sengsara -Mu, Engkau mengonfirmasi kebangkitan alam semesta.

Oleh karena itu, kita seperti anak-anak, membawa panji-panji kemenangan dan kemenangan, dan kami menangis Engkau, ya Penakluk cinta, Hosana di tertinggi! Maha Suci Allah yang datang dalam nama Tuhan.

Di Gereja Ortodoks Rusia, Gereja Ortodoks Ukraina, Gereja Katolik Ukraina, Gereja Katolik Ruthenia, Polandia, Bavaria dan Austria Katolik Roma, dan berbagai bangsa Eropa Timur lainnya, kebiasaan yang dikembangkan menggunakan bunga gandarusa (pussy-willow) bukan daun palem karena yang terakhir tidak mudah tersedia yang jauh di utara.

Tidak ada persyaratan kanonik seperti apa jenis cabang harus digunakan, sehingga beberapa orang percaya Ortodoks menggunakan cabang zaitun. Apa pun jenisnya, ranting-ranting ini diberkati dan didistribusikan bersama-sama dengan lilin baik selama All-Night Vigil pada Malam Hari Raya (Sabtu malam), atau sebelum Liturgi Suci pada  Minggu pagi. The Great Entrance dari Liturgi Suci memperingati “Masuknya Tuhan ke Yerusalem”, sehingga kebermaknaan saat ini diselingi pada hari Minggu Palma karena semua orang berdiri, memegang cabang mereka dan menyalakan lilin. Orang beriman mengambil cabang-cabang dan lilin rumah dengan mereka setelah layanan, dan menjaga mereka dalam ikon di sudut rumah mereka sebagai evloghia (berkah).

Di Rusia, prosesi keledai berjalan berlangsung di berbagai kota, tetapi yang paling penting di Novgorod dan, sejak 1558 sampai 1693, di Moskow. Itu mencolok ditampilkan dalam kesaksian oleh saksi asing dan disebutkan dalam peta Barat kontemporer kota. Patriark Moskow, mewakili Kristus, naik pada “keledai”(sebenarnya kuda terbungkus kain putih); Tsar Rusia dengan rendah hati memimpin prosesi berjalan kaki. Awalnya, prosesi Moskow mulai di dalam Kremlin dan diakhiri di Gereja Trinity, sekarang dikenal sebagai Katedral Saint Basil, tetapi pada 1658 Patriark Nikon membalik urutan prosesi. Peter I, sebagai bagian dari nasionalisasi gereja, menghentikan kebiasaan ini; telah sesekali diciptakan pada abad ke-21. (wikipedia.org/huffingtonpost.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home