Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 21:02 WIB | Selasa, 01 April 2014

Miss World 2009 Jadi Wakil Wali Kota Gibraltar

Kaiane Aldorino (tengah) saat dilantik jadi Wakil Wali Kota Gibraltar, Senin (24/3). (Foto: missworld.com)

GIBRALTAR, SATUHARAPAN.COM – Kaiane Aldorino, Miss World 2009, dilantik jadi Wakil Wali Kota Gibraltar. Ia akan menjalankan tugasnya pada 1 Agustus 2014 untuk masa jabatan satu tahun.

Warga Gibraltar berumur 27 tahun telah bekerja dengan dewan Pariwisata Gibraltar selama bertahun-tahun sejak memenangkan Miss World membantu untuk mempromosikan negara kecil di pasar global. Gibraltar adalah negara di ujung barat daya Eropa—bertetangga dengan Spanyol dan Maroko—yang merupakan koloni Inggris, seperti Australia dan Selandia Baru.

Kaiane dianugerahi dengan Warga Kehormatan Gibraltar pada 2011, diserahkan oleh wali kota saat itu, Julio Alcantara. Kaiane akan melaksanakan tugas selama setahun dimulai 1 Agustus.

Kaiane akan menjadi orang kedua setelah Adolfo Canepa, mantan Ketua Menteri Gibraltar dan pemimpin oposisi yang selama karier politik yang panjang  memimpin Partai Asosiasi Kemajuan HAM (The Association for the Advancement of Civil Rights). Adolfo Canepa menggantikan Anthony Lima. Jabatan wali kota dan wakil wali kota adalah jabatan seremonial.

Ketua Menteri saat ini—pemimpin eksekutif tertinggi di Gibraltar— Fabian Picardo, mengungkapkan dalam pidato mewakili suara bulat parlemen: “Parlemen menunjuk Hon Adolfo Canepa GMH OBE MP menjadi Walikota Gibraltar, dan Kaiane Aldorino GMH untuk menjadi wakilnya.”

Ratu Kecantikan Jadi Politisi

Kaiane Aldorino hanya salah satu dari banyak ratu kecantikan yang terjun ke dunia politik. Di Indonesia kita mengenal Angelina Sondakh—Puteri Indonesia 2001—mantan anggota DPR. Kariernya berakhir setelah tersangkut kasus korupsi. Ada juga Venna Melinda—Puteri Indonesia 1994—yang sekarang duduk di Komisi X DPR.

Di Filipina ada Imelda Marcos, istri almarhum Ferdinand Marcos, mantan presiden Filipina. Di Venezuela setidaknya ada sembilan mantan peserta kontes kecantikan yang sukses berkarier sebagai politisi. Ada Adina Bastidas, María Teresa Castillo, Jacqueline Faría, Cilia Flores, Elena Frías de Chávez, Victoria Mata, Lina Ron, Irene Sáez, dan Ismenia Villalba.

Miss America

Di Amerika Serikat, meskipun Sarah Palin mungkin yang paling terkenal politisi yang memulai karier dari kontes kecantikan, dia bukan yang paling sukses dalam sistem kontes Miss America. Palin gagal melaju keluar dari kompetisi negara, berakhir sebagai runner-up di 1984 kontes Miss Alaska.

Shelli Yoder, adalah runner-up  1993 Miss America Pageant  dan sekarang dia mencalonkan diri sebagai anggota Kongres AS sebagai seorang Demokrat dari distrik 9 dari Indiana. Erika Harold, Miss America 2003, dan dia melanjutkan untuk mencalonkan diri untuk jabatan nasional, berharap untuk mewakili Distrik ke-13 dari Indiana di DPR AS. Dan, Miss Hawaii 2011, Lauren Cheape tetap dalam perburuan untuk mewakili Distrik 45 DPR di Hawaii. Juga, politisi Demokrat Caroline Bright, Miss Vermont 2010, yang sedang mengejar tempat di Senat Vermont.

Utusan Khusus Presiden Bolivia

Jessica Jordan Burton menggambarkan perjalanannya dari Miss Bolivia ke utusan khusus kepada Presiden Eva Morales. Dua puluh enam tahun Jessica Jordan Burton telah memiliki lebih jalur karier yang tidak biasa.

Seorang mantan kontestan Miss Universe, dia sekarang seorang tokoh politik yang kuat di Bolivia. Mantan model telah ditunjuk oleh Presiden Bolivia Evo Morales sebagai utusan khusus di provinsi perbatasan Beni. Wilayah ini terkenal sebagai dasar untuk pencucian uang dan dealer kokain. (missworld.com/bbc.co.uk/slate.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home