Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 16:09 WIB | Jumat, 19 Juni 2015

Bulan Ramadan, Pengunjung Pulau Seribu Diimbau Tak Pakai Bikini

Bupati Kepulauan Seribu Tri Djoko Sri Margianto di Balai Kota DKI, Jumat (19/6). (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bupati Pulau Seribu Tri Djoko Sri Margianto mengimbau wisatawan yang datang ke Pulau Seribu agar tak mengenakan busana bikini selama Ramadan. Imbauan ini telah dipasang di papan-papan pengumuman masing-masing pulau wisata, seperti Pulau Tidung dan Pulau Pari.

“Selama bulan puasa kita melakukan imbauan-imbauan terhadap pengunjung untuk menjaga pakaian. Jangan pakai bikini lah kalau bisa, untuk menghormati,” ujar Tri di Balai Kota DKI, Jumat (19/6).

Imbauan diberlakukan baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Bila pengunjung tak memerhatikan papan imbauan dan tetap mengenakan bikini, aparat atau warga setempat akan memberi peringatan. Selain itu, Tri tak akan melarang jika ada rumah makan yang tetap buka siang hari selama puasa karena tak semua pengunjung melaksanakan ibadah puasa.

Sementara perihal keamana, Pulau Seribu telah membentuk polisi wisata yang bertugas membantu kepolisian dan petugas pengamanan dalam (pamdal) untuk melakukan penertiban bila terjadi kekacauan. Polisi wisata juga akan beroperasi untuk memastikan tak ada peredaran narkoba dan minuman keras di kawasan Pulau Seribu. Bila ada warung atau kafe ang ketahuan menjual minuman keras atau narkoba, pemerintah dibantu pihak kepolisian akan menindak tegas.

Umumnya selama bulan Ramadan, jumlah wisatawan Pulau Seribu sedikit menurun. Hal ini juga tercatat seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun pada masa libur Lebaran nanti, Pulau Seribu diperkirakan akan mendapat kunjungan wisata dengan animo yang cukup tinggi.

Di sisi lain  selama bulan suci Ramadan, pemerintah daerah Pulau Seribu akan mengadakan acara Safari Ramadan. Dalam acara tersebut, bupati dijadwalkan mengunjungi pulau-pulau berpenghuni dalam waktu yang berbeda. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat pun rencananya akan mengunjungi Pulau Seribu untuk mengikuti Safari Ramadan. Sesuai rencana, Wagub akan mengunjungi Pulau Pramuka namun dalam waktu yang belum ditentukan. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home