Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:00 WIB | Rabu, 27 April 2022

Myanmar: Suu Kyi Divonis Lima Tahun Penjara Atas Tuduhan Korupsi

Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi ket5ika berpartisipasi dalam KTT ASEAN-Jepang di Nonthaburi, Thailand pada 4 November 2019. (Foto: dok. AP/Gemunu Amarasinghe)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Sebuah pengadilan di Myanmar yang dikuasai militer memvonis mantan pemimpin negara itu, Aung San Suu Kyi, atas tuduhan korupsi dan menjatuhkan hukuman lima tahun penjara pada hari Rabu (27/4) dalam kasus pertama dari beberapa kasus korupsi yang menimpanya.

Suu Kyi, yang digulingkan oleh kudeta tentara tahun lalu, membantah tuduhan bahwa dia telah menerima emas dan ratusan ribu dolar yang diberikan kepadanya sebagai suap oleh seorang rekan politik penting.

Pendukungnya dan pakar hukum independen menganggap penuntutannya sebagai langkah yang tidak adil untuk mendiskreditkan Suu Kyi dan melegitimasi perebutan kekuasaan oleh militer sambil mencegah pemimpin terpilih berusia 76 tahun itu kembali ke peran aktif dalam politik.

Dia telah dijatuhi hukuman enam tahun penjara dalam kasus lain dan menghadapi 10 tuduhan korupsi lagi. Hukuman maksimal dalam UU Pemberantasan Korupsi adalah 15 tahun penjara dan denda. Hukuman dalam kasus lain dapat membawa hukuman lebih dari 100 tahun penjara secara total untuk pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang telah menghabiskan bertahun-tahun dalam tahanan karena menentang kekuasaan militer.

Berita vonis pada hari Rabu datang dari seorang pejabat hukum yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk merilis informasi tersebut. Persidangan Suu Kyi di ibu kota Naypyitaw tertutup untuk media, diplomat, dan penonton, dan pengacaranya dilarang berbicara kepada pers.

Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang dipimpin Suu Kyi menang telak dalam pemilihan umum 2020, tetapi anggota parlemen tidak diizinkan untuk mengambil kursi mereka ketika tentara merebut kekuasaan pada 1 Februari 2021, menangkap Suu Kyi dan banyak rekan senior di partai dan pemerintahannya.

Pengambilalihan itu disambut dengan protes besar tanpa kekerasan secara nasional, yang ditumpas oleh pasukan keamanan dengan kekuatan mematikan yang sejauh ini telah menyebabkan kematian hampir 1.800 warga sipil, menurut sebuah kelompok pengawas, Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

Ketika represi meningkat, perlawanan bersenjata terhadap pemerintah militer tumbuh, dan beberapa pakar PBB sekarang mencirikan negara itu dalam keadaan perang saudara.

Suu Kyi tidak terlihat atau diizinkan berbicara di depan umum sejak dia ditahan dan ditahan di lokasi yang dirahasiakan. Namun, pada sidang terakhir pekan lalu dalam kasus tersebut, dia tampak dalam keadaan sehat dan meminta para pendukungnya untuk “tetap bersatu,” kata seorang pejabat hukum yang mengetahui proses tersebut yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang untuk memberikan informasi.

Dalam kasus-kasus sebelumnya, Suu Kyi dijatuhi hukuman enam tahun penjara atas tuduhan mengimpor dan memiliki walkie-talkie secara ilegal, melanggar pembatasan dan hasutan virus corona.

Dalam kasus yang diputuskan Rabu, dia dituduh menerima US$ 600.000 dan tujuh batangan emas pada tahun2017-18 dari Phyo Min Thein, mantan ketua menteri Yangon, kota terbesar di negara itu dan anggota senior partai politiknya. Pengacaranya, sebelum mereka diberi perintah pembungkaman akhir tahun lalu, mengatakan bahwa dia menolak semua kesaksiannya terhadapnya sebagai "tidak masuk akal."

Sembilan kasus lain yang saat ini sedang diadili di bawah Undang-undang Anti  Korupsi termasuk beberapa terkait dengan pembelian dan penyewaan helikopter oleh salah satu mantan menteri Kabinetnya. Pelanggaran hukum membawa hukuman maksimum untuk setiap pelanggaran 15 tahun penjara dan denda.

Suu Kyi juga didakwa mengalihkan uang yang dimaksudkan sebagai sumbangan amal untuk membangun tempat tinggal, dan menyalahgunakan posisinya untuk mendapatkan properti sewaan dengan harga lebih rendah dari pasar untuk sebuah yayasan yang dinamai menurut nama ibunya. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) negara bagian telah menyatakan bahwa beberapa dugaan tindakannya telah merampas pendapatan negara yang seharusnya diperoleh.

Tuduhan korupsi lain yang menyatakan bahwa dia menerima suap belum dibawa ke pengadilan. Suu Kyi juga diadili atas tuduhan melanggar Undang-undang Rahasia Resmi, yang diancam hukuman maksimal 14 tahun, dan tuduhan penipuan pemilu, yang diancam hukuman maksimal tiga tahun. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home