Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:49 WIB | Kamis, 19 Mei 2016

Normalisasi Sungai Ciliwung, Kodam Hibahkan 34 Hektar ke DKI

Panglima Komando Daerah Militer Jaya/ Jayakarta, Mayor Jendral Teddy Lhaksamana, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Direktur Jendral Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Mudjiadi (kiri ke kanan). (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kodam Jaya telah menghibahkan 34 hektare lahan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk program normalisasi Sungai Ciliwung. Hibah tersebut tertuang dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) penggunaan lahan antara Pemprov DKI bersama Kodam Jaya serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Menerima hibah lahan untuk normalisasi sungai Ciliwung tersebut, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku senang.

"Saya senang memiliki Pangdam Jaya yang selalu mendukung program Pemprov DKI Jakarta," kata Ahok usai penandatangan nota kesepahaman di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Kamis (19/5).

Lahan yang terkena normalisasi Sungai Ciliwung ini ada di tiga lokasi, yakni di Komplek Rindam Jaya Kelurahan Gedong, Komplek Zeni Kelurahan Rawajati, dan Komplek TNI AD Berlan Kelurahan Kebon Manggis.

Direktur Jenderal Sumber Daya Air (Dirjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Mudjiadi mengatakan keseluruhan lahan yang digunakan seluas 54 hektare. Lahan tersebut rencananya akan digunakan untuk penanganan banjir di Jakarta.

Penanganan banjir di Jakarta, dilakukan secara komprehensif, mulai dari hulu, tengah, hingga hilir. Di bagian hulu akan segera dibangun dua waduk yakni Ciawi dan Sukamahi, Bogor. Bagian tengah dilakukan normalisasi 13 sungai, termasuk Sungai Ciliwung. Sedangkan bagian hulu ada program National Capital Integrated Coustal Development (NCICD).

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Teddy Laksmana mengatakan pihaknya akan membantu Pemprov DKI dalam pembangunan. Jika Pemprov DKI membutuhkan lahan, maka Kodam Jaya akan bersedia membantu menyerahkan lahan yang mereka miliki.

"Kodam Jaya akan mendukung apa yang jadi kebijakan Pemda DKI," kata dia.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home