Loading...
EKONOMI
Penulis: Bob H. Simbolon 15:13 WIB | Kamis, 20 Oktober 2016

OJK: Respons Pemerintah Terhadap Ekonomi Dua Tahun Sudah Tepat

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad (Foto: Bob H. Simbolon)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menilai respons Pemerintah terhadap perkembangan ekonomi, baik global maupun domestik dalam dua tahun terakhir sudah tepat.

"Apa yang ditempuh untuk merespons tantangan-tantangan ekonomi menurut saya sudah tepat," ujar Muliaman di Jakarta, pada hari Kamis (20/10).

Menurut dia, paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan oleh Pemerintah memang diperlukan dalam upaya menghadapi pelemahan ekonomi dunia yang terus berlanjut sejak dua tahun lalu.

"Beberapa paket kebijakan sudah dikeluarkan, beberapa program penyederhanaan dan pemotongan izin dan sebagainya juga sudah dilakukan. Banyak sekali yang saya kira juga sudah sejalan dengan kita dari sektor keuangan," dia menambahkan.

Dia mencontohkan upaya pemerintah yang mendorong akses keuangan agar semakin kuat melalui Keputusan Presiden (Keppres) tentang keuangan inklusif, sudah sejalan dengan apa yang juga dirasakan secara global oleh negara-negara lain.

"Bahwa mendekatkan layanan keuangan untuk seluruh masyarakat itu bisa memberdayakan, terutama bisa melepas mereka dari himpitan kemiskinan," kata dia.

Dia juga menambahkan, ke depannya, Pemerintah perlu terus melakukan intensifikasi atau penekanan fokus kebijakan, terutama yang terkait dengan sektor keuangan.

"Banyak juga yang perlu di-review, banyak kegiatan-kegiatan keuangan yang memerlukan sinergi, karena sektor keuangan terkait dengan teknologi, terkait dengan pemerintah daerah dan lainnya. Ini yang menurut saya untuk 2017, 2018 dan seterusnya perlu didorong," kata dia. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home