Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 19:38 WIB | Senin, 15 Desember 2014

Organisasi Binaan Al-Qaeda Rebut Pangkalan Militer Wadi Al Deif

Pasukan pemberontak Al Nusra. (Foto: Reuters)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Afiliasi Al Qaeda Suriah hari ini merebut pangkalan militer utama Wadi al-Deif di provinsi Idlib dari pasukan pemerintah, ungkap kelompok pengawas.

“Front Al Nusra, yang didukung oleh (kelompok) Jund al Aqsa, merebut kendali pangkalan militer Wadi al Deif... setelah serangan sengit yang dimulai kemarin pagi,” ungkap Observatorium HAM Suriah.

Kemenangan mudah ekstremis di Wadi al Deif menyebabkan sebagian besar provinsi Idlib, yang berbatasan dengan Turki, berada di bawah kontrol Front Al Nusra.

Serangan tersebut merupakan unjuk kekuatan dari cabang Al Qaeda, yang pada November menyingkirkan pemberontak utama yang ingin menggulingkan Presiden Bashar al-Assad dari provinsi Idlib.

Gerilyawan oposisi utama telah mengepung Wadi al-Deif selama sekitar dua tahun, namun gagal meski berulang kali berupaya mengambil alih wilayah itu dari pasukan pemerintah.

“Kemajuan ekstremis memiliki makna simbolis besar, dan menunjukkan kepada pemberontak bahwa Front Al Nusra mengendalikan area itu,” kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman.

Dalam serangannya di Wadi al Deif, “Front Al Nusra menggunakan tank dan senjata berat lain yang mereka rebut dari Front Revolusioner Suriah (SRF) bulan lalu,” kaata Abdel Rahman kepada AFP.(AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home