Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 11:50 WIB | Jumat, 23 Oktober 2015

Origami Kegiatan Ekskur Mengasah Kecerdasan Emosi Siswa

JAKARTA, Kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi kesempatan bagi siswa untuk berkembang di bidang non akademis, sehingga ekstrakurikuler menjadi kegiatan yang sangat diminati siswa.

Salah satu yang paling diminati adalah origami, yang dikenal juga sebagai seni melipat kertas dari Jepang. Melalui kegiatan ini, siswa diajak untuk menyalurkan kreativitas mereka melalui lipatan-lipatan kertas yang menyerupai bentuk-bentuk tertentu,

Selain melatih kreativitas siswa dalam berimajinasi, seni melipat kertas ini juga dapat meningkatkan daya konsentrasi dan ketelitian siswa. Hal ini diperlukan karena beberapa bentuk origami terdiri banyak lipatan-lipatan kecil yang berulang dengan ukuran spesifik. Kesalahan dalam ukuran menyebabkan lipatan-lipatan tersebut tidak dapat digabungkan. Pengetahuan dasar matematika geometri seperti bangun bentuk persegi, segitiga, hexagon dan lingkaran juga diperlukan dalam pembuatan origami.

Menurut Andryansah, fasilitator kegiatan ekstrakurikuler Origami di PENABUR Secondary Kelapa Gading, Origami dapat mengasah kecerdasan emosi siswa khususnya dalam hal kesabaran karena diperlukan waktu yang cukup panjang untuk membuat bentuk origami tertentu. Selain kecerdasan emosi siswa, Andryansah juga menjelaskan bahwa Origami juga dapat melatih saraf motorik halus seseorang, terutama dari sisi ketepatan dan kerapihan dalam melipat

Kegiatan origami diadakan setiap Kamis pukul 16.00 di PENABUR Secondary Kelapa Gading, Jalan Boulevard Bukit Gading Raya, Kelapa Gading Barat Jakarta Utara, dan diikuti kurang lebih oleh 25 siswa.

Menurut para siswa, seni melipat kertas ini selalu menarik dan tidak pernah membosankan karena banyak objek yang dapat dibuat tiruannya dalam bentuk lipatan kertas. “Origami ini membantu kita untuk menyalurkan kreativitas yang tidak hanya terbatas pada teori tapi bagaimana menerapkannya secara praktis agar terbentuk suatu bentuk lipatan yang kita mau,” ujar salah seorang siswa yang mengikuti ekstrakurikuler origami di sekolah ini.

Selain origami, kegiatan ekstrakurikuler lain yang diminati siswa PENABUR Primary Secondary Kelapa Gading antara lain, swimming, theatre, culinary, archery dan lainnya. Seluruh kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan mampu menjadi kesempatan bagi siswa untuk melatih kemampuan diri secara praktis. (Adv/Humas BPK PENABUR Jakarta)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home