Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 17:08 WIB | Senin, 15 Februari 2016

Pakistan Buka Kembali Universitas Pascaserangan Militan

Foto yang diambil dari ponsel menunjukkan personel keamanan Pakistan mengambil posisi di luar Universitas Bacha Khan. (Foto: A Majeed /AFP/ Getty Images)

PESHAWAR, SATUHARAPAN.COM – Universitas Bacha Khan di Pakistan yang menjadi target serangan Taliban pada bulan lalu kembali dibuka pada hari Senin (15/02) di bawah penjagaan ratusan aparat kepolisian.

Situasi masih mencekam karena kelompok ekstremis tersebut menyatakan akan terus menyerang sekolah-sekolah negara itu.

Sekelompok militan bersenjata lengkap menyerang Universitas Bacha Khan di Kota Charsadda, wilayah barat laut Pakistan pada 20 Januari silam sehingga menewaskan 21 orang termasuk para siswa dan guru.

Penyerangan tersebut terjadi setahun pascapembantaian di sebuah sekolah di Kota Peshawar yang menewaskan lebih dari 150 korban jiwa, sebagian besar merupakan anak-anak.

“Dengan sangat berbahagia, saya mengumumkan bahwa universitas kembali dibuka pada hari ini namun di bawah pengamanan ketat,” ujar wakil rektor Fazal Rahim Marwat.

Ia mengatakan universitas itu kembali dibuka dengan tujuan “menghentikan pola pikir para militan, yang menjadi dalang serangan teroris pada 20 Januari.”

Para orang tua di seluruh wilayah Pakistan menjadi cemas pascapenyerangan tersebut di tengah rumor serangan susulan yang memicu diliburkannya berbagai lembaga pendidikan.

Pekan lalu, ratusan siswi di kampus negeri khusus perempuan di Kota Rawalpindi dievakuasi menyusul baku tembak antara polisi dan pencuri mobil dekat kampus. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home