Loading...
INDONESIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:02 WIB | Rabu, 11 Mei 2016

Panas Dingin Peserta Tes Kelayakan dan Kepatutan Bacagub PDIP

Sejumlah bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta dari PDI Perjuangan mengikuti fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di DPP PDIP, Jakarta,hari Rabu (11/5). Sebanyak 34 bakal calon gubernur yang terdaftar mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang merupakan salah satu tahap seleksi calon gubernur dari PDIP. (Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 26 orang telah mengikuti tes kelayakan dan kepatutan bakal calon gubernur DKI Jakarta yang digelar oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, hari Rabu (11/5).

Beberapa peserta yang telah mendaftar di antaranya adalah Yusril Ihza Mahendra, Sandiaga Uno, Hasnaeni Moein, Abraham Lunggana dan Djarot Saiful Hidayat.

Seperti yang dikutip dari kantor berita Antara, Yusril mengatakan tes tersebut seperti tes psikotes pada umumnya.

"Lebih banyak disuruh berdiskusi membahas suatu topik. Itu memakan waktu 1,5 jam," kata Yusril.

Lain lagi dengan Hasnaeni yang memiliki julukan “Wanita Emas”. Menurutnya, tes kali ini membuatnya serasa kembali ke masa sekolah.

"Saya punya silindris dan minus jadi pusing kalau nunduk kelamaan," kata Hasnaeni. Dia  mengatakan ada ratusan pertanyaan yang harus dijawab.  Menurutnya, masalah Jakarta yang harus segera diselesaikan meliputi kesejangan sosial, kemacetan, banjir, pendidikan dan tempat tinggal yang aman nyaman bagi warga.

Sementara itu, Djarot yang juga merupakan Ketua DPP PDIP mengaku hanya ikut tes wawancara saja karena sebelumnya sudah ikut tes kelayakan dan kepatutan bacagub oleh PDIP.

"Diajak mengobrol saja. Psikotes enggak (ikut), karena sudah pernah," kata Djarot.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan ada 34 peserta penjaringan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, namun dua di antaranya mengundurkan diri.

Para peserta akan disaring lagi menjadi lima orang. Hasto mengatakan ada beberapa komponen yang menjadi penilaian, yaitu kemampuan mengatasi hambatan, kemampuan intelektual, kemampuan manajerial, kepemimpinan dan integritas. (Ant)

Editor : Bayu Probo


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home