Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 12:52 WIB | Jumat, 07 Maret 2014

Pangeran Harry Luncurkan Acara untuk Prajurit Terluka

Pangeran Harry. (Foto: PA/BBC)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Terinspirasi kunjungannya ke Warrior Games di Amerika Serikat, Pangeran Harry dari Inggris, meluncurkan permainan kompetitif di Inggris bagi prajurit yang mengalami cedera.

The Invictus Games, nama permainan kompetitif itu, akan difokuskan pada proses pemulihan pascacedera dan merayakan semangat juang melalui kompetisi olahraga inklusif yang membuat mereka mendapatkan pengakuan atas perjuangan yang mereka buat.

"Kami membawanya (dari Amerika) kepada khalayak yang lebih luas, membawanya ke Inggris, dan saya berharap bisa berlangsung dengan baik seperti saya harapkan," kata Pangeran Harry

 Ia mengatakan kepada wartawan, Kamis (6/3), bagaimana olahraga telah terbukti memberikan efek positif bagi rehabilitasi prajurit pria dan wanita. Ia meyakini kompetisi itu akan memiliki "dampak jangka panjang" pada kesejahteraan prajurit cedera yang telah "melayani negara dengan gagah berani".

"Mereka akhirnya mendapatkan kesempatan untuk fokus pada sebuah tugas, jangan lupa mereka adalah militer, mereka terluka ketika masih muda, mereka ingin punya etos tim, ingin punya tujuan dalam hidup, dan tiba-tiba diberitahu mereka tidak bisa jalan lagi, tidak bisa melihat lagi, dan lain sebagainya. Olahraga memberikan kesempatan kepada mereka, dan kepada anggota masyarakat untuk bersatu dan berbagi satu tujuan," ia menjelaskan.

" Saya telah menyaksikan langsung bagaimana kekuatan olahraga dapat berdampak positif kehidupan prajurit yang terluka dan sakit, dalam proses menuju pemulihan," Pangeran Harry menambahkan.


Ahli waris takhta Kerajaan Inggris itu secara resmi meluncurkan Invictus Games di arena Olympic Park, tempat berlangsungnya pertandingan handball, pancalomba modern, dan anggar pada Olimpiade 2012, di Stratford, London timur.

Pembangunan ajang olahraga itu sebagian dibiayai oleh pemerintah dari denda yang diterapkan kepada bank-bank karena memanipulasi nilai tukar uang. Di tempat itu prajurit-prajurit yang cedera, laki-laki ataupun perempuan, mengambil bagian dalam olahraga seperti basket kursi roda, dayung indoor, dan voli duduk.
 

Jaguar Land Rover akan mensponsori kegiatan di bulan September, yang akan menampilkan atlet dari Inggris, Afghanistan, Australia, Kanada, Denmark, Estonia, Prancis, Jerman, Irak, Italia, Belanda, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. (VOA/BBC)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home