Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 14:43 WIB | Senin, 19 Mei 2014

Panglima TNI: Indonesia Belum Memerlukan Kapal Induk

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (tengah) melakukan kunjungan ke perbatasan Kalimantan Utara, Jumat (16/5). Dalam kunjungannya Jenderal Moeldoko memberikan bantuan kepada seluruh satuan prajurit yang bertugas di wilayah perbatasan di Kabupaten Nunukan seperti Satgas Pamtas Yonif 100/Raider, Kodim 0911/Nunukan, Satgas Marinir Ambalat Yonif 5, dan prajurit Pangkalan TNI AL. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko mengatakan TNI belum membutuhkan kapal induk untuk memperkuat alat utama sistem persenjataannya (alutsista).

“Kapal induk tak sesuai dengan doktrin TNI,” kata Panglima TNI seusai membuka latihan gabungan tiga matra TNI di Taxiway Echo Skuadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (19/5).

Menurut dia, kebutuhan kapal mengangkut pesawat tempur belum begitu perlu karena TNI bisa memanfaatkan ribuan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke untuk sekadar menyimpan, menyiagakan, dan mendaratkan pesawat-pesawat milik TNI AU.

Pulau-pulau kecil Indonesia bisa digunakan seperti pangkalan kapal induk.

Di tempat yang sama, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Marsetio membenarkan doktrin yang dianut TNI AL saat ini adalah Green Water Navy atau tentara yang tak keluar dari perairan teritori Indonesia.

“Hanya negara penganut Blue Water Navy (atau negara besar yang berlayar hingga perairan internasional) yang butuh kapal induk,” ucap Marsetio.

Negara penganut Blue Water Navy, dia melanjutkan, cenderung negara agressor yang bisa mengancam kedaulatan negara lain. Sementara Indonesia adalah negara cinta damai yang lebih mementingkan kedaulatan wilayahnya.

TNI Angkatan Laut sedang menunggu kehadiran tiga unit kapal perang baru jenis multirole light fregat buatan Inggris. Ketiga kapal perang tersebut bakal dinamai KRI Bung Tomo, KRI John Lee, dan KRI Usman Harun.

Ketiga kapal tersebut bakal dipasang sejumlah senjata rudal, roket, dan radar jenis baru. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home