Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:24 WIB | Kamis, 31 Maret 2016

Pasar Ikan Ditata, Ahok akan Bangun Plaza

Ilustrasi: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan menata kawasan Wisata Bahari di RW 04, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Rencananya, dia akan membangun pusat perbelanjaan atau plaza di area tersebut.

“Jadi nanti buat wisata saja, ya. Itu kan tempat wisata yang bagus. Kita berharap ada plaza yang lebar. Dari arah Teluk Sunda Kelapa mengarah ke Masjid Luar Batang itu sejalan Jakarta,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Kamis (31/3).

Empat kawasan yang akan ditertibkan adalah RT 01, RT 02, RT 11 dan RT 12 dengan total bangunan yang akan ditata sebanyak 310 yang dihuni sebanyak 478 keluarga dengan total 1.026 jiwa.

Plaza tersebut akan menampung pedagang kaki lima (PKL) dan lahan parkir yang luas di wilayah Tongkol untuk memfasilitasi peziarah Masjid Luar Batang yang datang dari berbagai daerah.

Terkait dengan dana pembangunan plaza, pria yang akrab disapa Ahok itu tidak akan menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) melainkan dari pengembang atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan tertentu.

Untuk melancarkan rencananya, tentu saja upaya penggusuran akan dilakukan oleh mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Saat ini, Surat Peringatan Pertama (SP 1) sudah dilayangkan kepada warga RW 04 oleh Pemerintah Kota Jakarta Utara.

Dalam surat peringatan tersebut, Pemkot Jakut meminta warga untuk mengosongkan rumahnya dalam waktu 7x24 jam. Bagi warga yang memiliki KTP DKI, pihak Pemprov juga sudah menyiapkan rumah susun sebagai kompensasi penggusuran seperti di Pulo Gebang, Rawa Bebek, Kapuk Muara, dan Marunda.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home