Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:55 WIB | Selasa, 16 Februari 2016

Pasukan Kurdi Rebut Pangkalan Utama Pemberontak di Aleppo

Pasukan pimpinan Kurdi, hari Senin (15/2), merebut sebuah pangkalan utama pemberontak di Provinsi Aleppo. (Foto: AFP)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Pasukan pimpinan Kurdi, hari Senin (15/2), merebut sebuah pangkalan utama pemberontak di Provinsi Aleppo, memperbesar kerugian yang dialami oposisi di wilayah itu, ungkap sebuah badan pemantauan.

Pasukan Demokratik Suriah (Syrian Democratic Forces/SDF), aliansi gerilyawan Kurdi dan Arab, merebut kendali Tall Rifaat dari pasukan pemberontak Islamis pada Senin malam, ungkap badan pengawasan Observatorium HAM Suriah.

Perebutan wilayah yang dilakukan SDF berhasil dicapai meski Turki menembaki kota itu dalam upaya menghentikan pergerakan setelah beberapa hari menyerang benteng pemberontak.

Perebutan itu menyisakan sedikit benteng bagi pemberontak di Aleppo, termasuk Kota Marea, tepat di bagian timur Tall Rifaat, dan kota perbatasan Azaz di bagian utara.

Di tempat lain, pemberontak sebagian besar mengalami kekalahan saat berhadapan dengan operasi rezim yang didukung kekuatan udara Rusia dan pergerakan SDF secara bersamaan.

Dalam beberapa hari terakhir, SDF merebut pangkalan udara Minnigh dari pemberontak, dan pasukan rezim telah hampir mengepung semua bagian utara Kota Aleppo yang dikuasai oposisi.

Kekalahan oposisi membuat geram Turki, pendukung pemberontakan yang melawan Presiden Bashar al Assad. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home